Apa kabar Sodara...???
Dah lebih 2 tahun nggak ngeblog.. Sampe domainnya lupa gak diperpanjang.
#Haduh.
Dah lebih 2 tahun nggak ngeblog.. Sampe domainnya lupa gak diperpanjang.
#Haduh.
Setelah hijrah dari Maluku balik lagi ke Jawa, Satria Fu plat DE di lego, sebagai ganti akhirnya minang KLX 150. Miara KLX dah lebih dari 2 tahun tapi baru 3 hari yang lalu, sempet ngubah kelistrikan dari AC ke DC.
Untuk ngubah kelistrikan KLX perlu Mantra dan ubo rampe antar lain : rectifire (kiprok) tiger beserta socket, saya pake federal, beli sekitan 140 ribu, socketnya 8 ribu.
toolkit kumplit, kabel, solder dan tenol, es teh dan refillnya.
Rectifire Tiger, Socket
toolkit kumplit, kabel, solder dan tenol, es teh dan refillnya.
Step-stepnya.
Oprek bagian spull step-stepnya..
Sekarang pindah ke kiprok rectifire tiger.
- Kuras oli
- buka blok mesin kiri ( lokasi spull aternator). Jangan lupa lepas batrei (Accu) untuk menghindari short.
- Lepas kiprok KLX 150, dan ganti dengan Kiprok Tiger.
Skema Pemasangan
Oprek bagian spull step-stepnya..
- Lepas kawat spull di ground tab, solder dan sambungkan dengan kabel, dan masuk ke kiprok (Socket No 5).
- Lepas kabel lampu di spull (warna kuning), nggak ke pakai.
- Kabel pengisian ( warna putih) tetep di pakai, dan masuk ke kiprok Tiger (Socket Nomer 4).
- Rapikan dan pasang kembali spull alternator KLX 150 nya, tutup blok mesin pasang kembali
Sebelum di ubah jadi full wave
Sesudah di obrak abrik
- Sambung kabel dari kiprok ke Accu sebagai charging. Socket 1 ke Kutub positip (+), Socket 3 Ke kutub Negatif (-)
- Buka batok lampu, cari dan telusuri kabel yg masuk ke rumah kunci. Ada 2 kabel. kabel output dari rumah kunci (warna coklat) sambungkan dengan kabel, dan masuk ke kiprok socket 2..
- Rapikan dan pasang kembali.
- isi oli, dan taraaaa... Jreng..
#SruputtEsteh
Masih bingung...? Nggak mudeng? Bawa ke bingkil terdekat aja...
#SruputtEsteh
Post from hp leknopo
Apa kabar pak dokter. Dah nggak balik lg ke Arara ya. Kita sempet ketemu disaleman. Sayabtinggal di saleman 2011-2015, sekarang balik jogja. Cm waktu di saleman ga sempat ngobrol banyak ya. Padahal sama2 seneng motor
BalasHapusWehh.. ketemu disini. Kabar baek mas. Ogh saiki di jogja tho?? Jozz. tonggo dewe.. aku neng mbolali mas, monggo pinarak mampirr...
HapusKelistrikan komponen mesin merupakan suatu hal penting
BalasHapusUlasane mantep
BalasHapusOm ane mau bagi pengalaman yah... ane kemarin coba meruba kelistrikan lampu dgn mengambil arus + accu, lalu ane tarik kebagian batok lampu utk mengganti kabel kuning yg dari kiprok ke saklar lampu namun sebelum masuk, saya sambungkan ke reley untuk jalur on nya saya ambil arus kunci kontak... walhasil jadi juga om arus dc dan hid saya menyala normal...
BalasHapusBahan yg dibutuhkan :
1. kabel 2 meter
2. Relay 1bh
3. Sekring dan boknya
4. Selang bakar dan islasi
5. Testpen deh utk nyari arus kontack nya
Semoga bermanfaat
Maaf om itu kabel yg dri aki + kan nyambung ke starter itu gmana?
BalasHapusKe starter gak mslah... Yg penting perlu diubah jalur kiprok dan gulungan dinamo alternator alias spull magnet
BalasHapusGan mohon pencerahan nih. kalo dirubah kelistrikan kiprok sesuai yg dijelaskan, otomatis lampu dan lain2nya ndak perlu ngrubah2 jalur ya gan?
Hapusmbro posisi tab ground di spul klx sebelah mana ?
BalasHapusSaya coba tutorial di atas kok dinamo stster tidak mutet... salahnya di mana yaa.?
BalasHapusmohon petunjuk nya bos, pulser klx persamaan nya apa ya bos? atau pulser jupiter kabel 2 bisa di pasang ke klx?
BalasHapusUntuk yg dari kiprok ke accu bikin jalur baru atau ikut yg lama mas..kan kalo yg lama accu + nyambung dengan kontak dan stater
BalasHapusMas di jogja daerah mana
BalasHapusBerarti kabel massa dari udh gk fungsi jadi massa lagi ya om?
BalasHapusAlamatnya di mna om pengen ngobrol2 tentang topik ini atau ada nomer yg bisa dihubungi
BalasHapus