CARA MERAWAT BAN MOTOR SATRIA F 150, Awet dan Tahan Lama

Ban baik yang tubeless maupun tubetype adalah piranti vital pada kendaraan bermotor, oleh karena itu kondisi ban harus terus dijaga tetap baik agar memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara. Jadi, merawat ban sudah pasti menjadi ritual wajib bagi pengendara sepeda motor. Karena fungsi ban sangat vital bagi sepeda motor, Agar ban tetap awet, tak ada salahnya Anda mencermati dan memperhatikan hal berikut:
  1. Tekanan Ban
    Periksa secara rutin tekanan angin (baiknya pada saat pagi sebelum jalan(kodisi dingin)). Tekanan ban harus disetel sesuai aturan standar pada sepeda motor. Tekanan ban yang kurang akan menyebabkan lari motor terasa berat, Boros bahan bahan bakar dan umur pakai ban pendek.
  2. Keausan Ban
    Periksalah apakah terjadi keausan ban. Keausan normalnya terjadi secara merata. jika sudah melebihi Batas TWI (thread wear indicator) atau bahkan terlihat lapisan nylonnya, segera ganti ban.
    Jika ban telah aus, ban mudah tertusuk, bocor dan bahkan robek. Jika keausan tidak merata, gundul satu sisi saja, dikarenakan ban tidak menapak sempurna ke aspal, periksa As roda, bantalan(laker).
  3. Kebocoran Ban
    Periksalah apakah ban dan pentil mengalami kebocoran. Untuk memeriksanya, gunakan air sabun, ratakan diiseluruh permukaan ban dan di lubang pentil. Bisa gunakan kuas cat untuk meratakan air sabunnya. Bila air sabun membentuk gelembung udara, bisa dipastikan ada kebocoran. Bila letak gelembung udara pada pentil keraskanlah pentil tersebut dengan memakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil. Tetapi bila masih ada gelembung, berarti pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru.
    Periksalah apakah ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya. Pengecekan ini bisa dilakukan juga sekalian saat mencuci motor.
  4. Pencucian Ban
    Gunakan air dan sabun untuk mencuci ban. menggosoknya gunakan kain atau busa yang lembut. Jangan terlampau sering menggunakan cairan pengkilat ban, karena penggunaan yang berlebih bisa menyebabkan ban menjadi keras dan mudah retak/pecah.
  5. Putaran Ban
    Periksalah apakah ban berputar sudah seimbang, dan periksa apakah jari-jari telah dikencangkan secara benar. Jika sering berputar dan tidak seimbang, berarti jari-jari pelek roda sudah kendur dan mesti dikencangkan lagi, atau diganti dengan jari-jari roda baru.

Selamat berkendara... keep safety riding...!!!

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 19.13.00 Kategori:

2 Komen penuh makna..:

  1. seep gan, tapi lain kali tolong donk share modiff satria f 150 2012, tapi modifnya standar aja gan, hanya luarnya, thanks gan

    BalasHapus
  2. Saya punya motor Smash.. Terus masalahx.... sering mati pada saat panas... terus pertanyaannya.. Gimna cara memperbaikinnya,,...????

    BalasHapus