Menyelesaikan Rubik 3x3


Disini saya akan menerangkan step-step dalam menyelesaikan Rubik 3x3. Rumus ini perlu dipelajari dan dilatih berulang-ulang agar lancar dalam memecahkan rubik. Bagi anda yang males mambaca sambil online.. saya sediakan file PDFnya, silahkan didownload di Rumus Rubik 3x3 bagian satu dan Rumus Rubik 3x3 Bagian Dua. Dengan membaca dan mempraktekkan 2 kitab tersebut insyaallah, Rubik 3x3 dah nggak menantang lagi... soalnya jadi gampang menyelesaikannya...
Dah balik lagi ke materi gimana cara memecahkan rubik ini.
Adapun tahap-tahapnya yang harus dilalui yaitu...


  • Tahap Satu

Tujuan tahap ini adalah membuat satu sisi menjadi sama warnanya. Standarnya  sih warna putih yang merupakan sisi awal yang harus diselesaikan pertama, Tapi kalo pengen warna lain ya silahkan.... Pada Tahap ini tidak ada rumus khusus, jadi perlu banyak latihan, trial and error untuk bisa expert dan lihai. Lakukan berulang-ulang untuk bisa mahir.



  • Tahap Dua
 
Setelah warna putih di salah satu sisi sudah sempurna, Sekarang saatnya menyamakan warnanya di sisi tegaknya. Baris Pertama. Lagi-lagi di tahap ini tidak ada Rumus Khusus. Semuanya Harus melalui trial an error.



  • Tahap Ketiga
Pada Tahap kali ini goalnya adalah menyamakan sisi pada baris ke dua.. dengan algoritma sederhana maka akan tersusun seperti dibawah ini. Baris 1 dan 2 telah sempurna. (Sisi Putih ada di bawah).


 Adapun untuk menyelesaikan step ketiga ini rumusnya :
Baliklah posisi rubiks sehingga lapisan pertama (warna putih) berada di bawah. Atur sedemikian rupa sehingga kondisi yang didapat yaitu kondisi 1 atau 2.
Ada 2 kondisi berbeda dengan langkah yang juga berbeda.
Jika kondisi 1 :









Jika Kondisi 2:



 Jika anda tidak mendapatkan 2 kondisi diatas, maka lakukan salah satu dan kondisi tersebut akan didapat. Jika formasi baris kedua telah sempurna kita lanjutkan ke step selanjutnya.



  • Tahap Keempat

 Setelah didapatkan step 3 dengan sempurna (2 lapis terbawah sudah sama warnanya), tujuan kita selnjutnya adalah membuat sisi atas (warna kuning) berbentuk "plus" atau "ikan" seperti rubik dibawah ini



Untuk mendapatkan gambar ikan atau Plus... Langkah atau rumus yang mesti kita lakukan adalah
F  R  U  Ri  Ui  Fi
Lakukan berulang ulang hingga terbentuk tanda Plus atau gambar ikan seperti yang dimaksud




  • Tahap Kelima
Setelah didapat ikan atau tanda plus langkah selanjutnya posisikan ikan atau plus seperti salah satu bentukdisebelah kiri ini... kemudian jalankan rumusnya seperti dibawah ini.





  • Tahap Keenam

Setelah dijalankan tahap kelima tentu akan didapatkan sisi kuning akan diatas semua. dan saatnya tinggal menyempunkan letak sisi-sisinya saja.... Mo lebih ??? silahkan download.. soalnya lagi capek melanjutkannya sih... :)




Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 11.51.00 Kategori:

7 Komen penuh makna..:

  1. Langkahnya panjang dan banyak juga ya... sy udah download pdf-nya... Terimakasih atas sharingnya... Peace :)

    BalasHapus
  2. ternyata ada rumusnya ya...

    BalasHapus
  3. langkah-langkahnya harus dipelajari hati-hati dan pelan-pelan kalau mau bisa. Jadinya aku ga sempat belajar ..... mudah-mudahan lain waktu bisa. Makasih ya

    BalasHapus
  4. Hehe.. ketemu juga. Ijin donlod ya.. Maksih.

    BalasHapus
  5. wah .... rumit juga ya..... tapi mau ku coba... hehehehe semangat .... tq infonya...

    BalasHapus
  6. waa saya masih belum ngerti. masih harus banyak belajar lagi.. hehe.

    salam kenal. :)

    BalasHapus
  7. Sangat Inspiratif dan memberi motivasi bagi saya agar lebih bersemangat untuk berkarya. Makasi yah mas info artikelnya, saya jadi bisa tau triknya deh buat nyelesaiin rubiks yg bkin kpala sya puyeng :)

    BalasHapus