Bro atau sis sekalian yang hobi nyemplak motor, khususnya yang pake kopling tangan. Tentu piranti ini perlu perawatan Kabel Kopling dan perhatian extra agar lebih enak dalam penggunaan. Misalnya perlu disetel tiap servis rutin, Perlu pemberian pelumas agar licin lancar dan tidak keras.
Meskipun diperhatikan dengan khusus, tak jarang kabel kopling putus secara tiba-tiba, dikarenakan umur pakai yang sudah relatif lama seperti yang saya alami baru-baru ini.
Saat itu saya lagi perjalanan ke puskesmas Saleman dari Arara, waktu tempuh sekitar 2 jam melewati tanjakan dan kelok-kelok pegunungan dan Hutan-hutan tanpa melewati rumah penduduk sama-sekali. Tiba-tiba saat ditengah hutan kebel kopling Satria FU semplakan saya putus... wadaw. mau minta bantuan tidak ada satu orang pun. akses bengkel yang terdekat masih sekitar 80an km lagi. Akhirnya dengan putar otak kopling disiasati untuk bisa sampe ke bengkel terdekat.
Caranya :
- Lepas Kawat kopling yang telah putus tersebut dari selang hitamnya.
- Pilih kawat yang lebih panjang.
- Pasang di tuas kopling di blok mesin
- Lepas hubungan antara Tuas rem belakang dengan tromol/kalipernya. sehingga rem belakang tidak lagi berfungsi. Hal ini dilakukan karena fungsi rem depan masih bagus.
- Ikatkankan sedemikian Rupa ketuas rem belakang sehingga jika tuas rem diinjak maka sama artinya dengan menarik handle kopling.
- sipp... kopling emergensi bisa berfungsi.
Dan akhirnya dengan pelan-pelan dan "manula Riding Style", Satria FU bisa berjalan "dirujuk" sampe ke bengkel untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Alhamdulillah ngga terjadi masalah apa-apa terhadap diri saya dan motor saya....
Semoga bermanfaat. Cara Diatas sangat tidak direkomendasikan dan sangat berbahaya, kami tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan atau kecelakaan, Resiko yang diakibatkan cara tersebut. Cara diatas bisa dipertimbangkan jika situasi sangat-sangat emergensi, dan tidak memungkinkan cara lainnya. inggat Resiko anda sendiri yang nanggung lho...
wah
BalasHapusbagus ni artikelnya
untuk jaga2 kalo kopling putus
makasih gan
nice info gan
BalasHapusbermanfaat
maskih udah share
bermanfaat sekali nih bro, buat saya yang jelas2 bawa motor, thank ;)
BalasHapusterima ksih banyak sob ini yang aku cari2
BalasHapusterima kasih banyak sangt bermanfat brow
BalasHapusTerima kasih atas share artikelnya sob
BalasHapussalam sukses selalu
muantepppp mas..
BalasHapusWah nambah ilmu ini gan. Makasih infonya. Salam kenal.
BalasHapussehari hari sih pake motor kalo berpergian tapi mang saya juga jarang perhatiin buat perawatan nih motor
BalasHapusso thanks banget buat nih artikel
sekedar membaca, sapa tau dan mana tau
BalasHapussaya kebagian kopling putus -_-
Saya juga pernah ini sob. Pas di toko buku tiba-tiba kabel putus. Mogok instan!!!
BalasHapusSalam.
mas...tukeran link donk....
BalasHapuslink ku www.pandumusica.info
nanti klo dah pasang bilang ke saya yaa..
email ke me@pandumusica.info
Wah..informasi yg bermanfaat ne..makasi mas
BalasHapuswoooow keren juga ya cara nya,,,
BalasHapusmasih enak putus kabel kuplink kalo ban bocor gi mana jadinya
dialih fungsikan tuh rem depan.,.,. mantap,,, ni anak riders.,.,. salam sob
BalasHapus