CARA GANTI MESIN KLX 150 jadi 200, braket mesin tiger untuk klx

Balik lagi posting soal motor.
Kali ini mau cerita project upgrade ubah kapasitas mesin KLX. dari yang semula 150cc nggak nyampe, jadi 1/5 Liter alias 200cc. Sebenernya project ini sudah satu tahun yang lalu, berhubung pas buka-buka koleksi poto di Laptop jadilah postingan ini.

Cara yang dipake untuk ngubah kapasitas, gak lagi ganti piston atau pun silinder aftermarket. tapi tetep menggunakan silinder bawaan motor. Pistonnya pun tetep pake piston Asli. Tenang sodara-sodara, kita nggak pake ngubah panjang langkah piston juga. Penasaran?? Kali ini untuk menambah kapasitas mesin, saya gunakan teknik alias metode Turun-Naik. 

Nih langsung aja, biar gambar aja yang bercerita..

Cari mesin. Untuk jadi 200cc, saya milih mesin GL series yang 200cc. Mesin keluaran honda. Mesin, komplit dengan kitab-kitabnya ditebus dengan harga 3,5 jutaan. Ohya untuk mesin, cari yang jelas kehalalannya kelegalannya dan asal usulnya. Ada juga yang lebih murah, tapi tanpa kitab-kitab. Jadi takut kalo teranyata dikemudian hari mesin tersebut bermasalah  yang ngeri-ngeri sedap..

Kawasaki KLX 150 S, bukan DTracker, Bukan KLX BF, Apalagi KX atau Gordon. dibawa ke bengkel. Kebetulan si empunya bengkel Temen. Mesin KLX di turunkan. Mesin GL 200cc alias mesin Tiger di naikkan ke Frame KLX. 

Engine mounting yang langsung frame, pnp atara Tiger dan KLX 150 S. untuk yang ber Bracket, ada ubahan sedikit. Kebetulan bracket sudah ada yang jual di FB. jadi tinggal order, transfer, kirim  dan pasang.
Rapikan kelistrikan dan sesuaikan kelistrikan antara KLX dan Tiger.


Belanja beberapa sparepart. 

Biarpun motor siap pancal, saya gak pengen dua kali kerja. ntar baru pake beberapa hari ternyata muncul truble sana-sini. So... untuk menghindarinya saya minta ke mekanik untuk overhaul engine sekalian.Yang dah gak layak, mohon dengan hormat untuk purna tugas.

Setelah setting sana-sini rapikan dan taraaa.... alhasil KLX jadi 200cc. Alhamdulillah selesai. Semoga frame dan engine bisa akur dan langeng.

Honda KLX binti Kawasaki Murtadz.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 11.42.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar