MASOHI


Masohi dari Dermaga


Masohi. Masohi merupakan ibukota kabupaten Maluku Tengah, sebagai salah satu kota di propinsi Maluku. Masohi terletak di Pulau Seram di pesisir sisi selatan. Konon katanya, Masohi Artinya "Gotong Royong", Kota yang penduduknya dari berbagai suku, mulai dari Bugis, Buton, Jawa dan Suku Ambon asli tentunya.
Aku pertama kali menginjakkan kaki di Masohi pada akhir Juni 2007. saat itu malam hari dan gerimis. jadi kesan pertama di Masohi,


Mobil Lintas Seram



"wuih ini kota ada penduduknya gak yah.. ? Sepi, Kaya sebuah kota mati" kataku dalam hati.

Tapi, Satu bulan kemudian aku datang kembali ke kota itu, kebetulan saat itu aku akan mengurus Surat Ijin Praktek di Dinas Kesehatan, ternyata cukup menyenangkan juga Kota ini, Penduduknya ramah, tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi. Akses ke ibukota propinsi (Ambon) cukup gampang, bisa dengan kapal cepat yang ditempuh dalam waktu 2 jam, atau lewat jalan lintas seram dan menyebrang dengan Ferry yang total waktu tempuh sekitar 5-6 jam, atau bisa juga dengan pesawat Masohi-Ambon, tapi sayang transportasi udara disini kurang banyak peminatnya. jadwal penerbangannya juga kurang jelas.

Lucu juga... Terasa aneh..

Kapan-kapan saya posting deh tentang seluk beluk Masohi... Paling nggak bisa digunakan sebagai Traveller guadiance bagi rekan-rekan yang mau dateng ke Masohi. Tunggu Aja...

 

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 17.40.00 Kategori:

9 Komen penuh makna..:

  1. Ass...salam kenal, maaf jika udah menggandah, aku udah mampir dikafe dukun digital, oya setelah membaca sekilas kisah perjalanan saudara, saya jadi kangen dengan Masohi Manise disitulah saya mengenyam pendidikan SMK, setelah kerusuhan awal 2000 saya meninggalkan Masohi malam hari juga tapi Masohi tetap ramai damai... semoga kamu betah mengabdi di masohiku...(sulaiman Lussy Kaltim)

    BalasHapus
  2. Asslmkm...
    Wah...Mas skrg lg Masohi ya ?
    Slam knl y ! Aku Rudy, nk Sul-Sel yg jg skrg masi di Masohi...
    Aku di besarkan & sekolah mpe lulus di Masohi... Tp saat ini Masohi lg tegang. Hu hu, letusan senpi bisa tdengar seantero kota.
    Oya ! Mas tugasnya daerah mana ?

    BalasHapus
  3. asslamualaikum
    pak,, biarpun masohi thu kota mati alias ngak kyak ngak ada penghuninya tapi penduduknya ramah-ramah lho..
    eh makasih ych dah buat blok ttng masohi.. aku jd kangen masohi,, jadi kepingin pulang nich..

    BalasHapus
  4. Ass. . Pa kbr Masohi hr ini? smg tmbh manise...jang bikin masohi sprti dulu. mr katong jg masohi deng bae2

    BalasHapus
  5. numpang tanya,kalau dr jakarta mau ke masohi naik apa ya pak? tolong info selengkapnya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan lihat disini... http://www.dukundigital.com/2012/03/transportasi-ambon-masohi.html

      Hapus
  6. Kalo mo ke masohi dari jakarta. Bisa naek pesawat sampai ambon trus naek kapal cepat dari p.ambon(pel. Tulehu) ke masohi.

    BalasHapus
  7. Terimakasih postingnya, sebaliknya kami menunggu kunjungan saudara di Masohi news http://www.masohinews.com

    BalasHapus