Saleman dan Air Belanda

 
Pesona Saleman

Minggu pagi, Matahari cerah.. Cocok sekali untuk jalan-jalan nih.
Memang minggu ini aku dan para 'begundal-begundal' ada niat jalan-jalan ke Desa tetangga, Saleman. kurang lebih 1 jam lewat laut di tempuh dengan speed. Sebuah kampung yang berada di wilayah kecamatan Seram Utara Barat, Kab. Maluku Tengah.

Saleman terletak di pesisir utara pulau Seram. Waw.. kekayaan lautnya sulit di ungkapan. Indah,...  10 menit sebelum memasuki dermaga Saleman, saat lihat ke bawah... wah, terumbu karang kelihatan  sungguh memukau,

Sesampai di Saleman, kami berjalan-jalan sebentar menikmati indahnya alam Desa Saleman. Aku perhatikan lebih seksama,Dibelakang desa berdiri kokoh Tebing karang yang menjulang tinggi dan di depan hamparan laut seram yang kaya akan pesona. Sungguh luar biasa..  Infrastruktur Desa Saleman memang belum sempurna, masih banyak kekurangan disana-sini. Listrik, Jaringan Telekomunikasi masih belum terjangkau, Akses jalan darat juga masih belum bagus. Tetapi sarana dasar seperti: Air bersih, Pusat kesehatan masyarakat, tempat ibadah, dan sekolah telah tersedia.

Setelah Cukup puas jalan-jalan di Desa Saleman, kami melanjutkan petualangan ke Air Belanda. Jarak air belanda dengan Desa Saleman sekitar 2 kilometer saja. Air belanda adalah sebuah sungai yang bermuara di laut, airnya jernih... dan dingin. jadi di laut sekitaran muara tersebut airnya tawar dan dingin juga. Dan konon katanya yang pertama menemukan adalah Orang Belanda, jadi oleh masyarakat sekitar dinamakan Air Belanda.





Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 20.52.00 Kategori:

2 Komen penuh makna..:

  1. Jefri Makatita20 Jan 2010 12.59.00

    masi banyak keindahan alam desa saleman yang bisa kita jumpai di desa saleman. memang masalah infrastruktur, ada beberapa kebutuhan masyarakat sangat vital yang belum terpenuhi, diantara listrik, jaringan telekomunikasi, dan kondisi jalan mobil. semoga saja daerah yang sangat berpotensi ini kira mendapatkan perhatian dari pemerinth daerah dengan serius. karena dengan potensi yang ada di desa saleman juga merupakan aset negera yang perlu di kelolah untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat. by Jefri Makaita

    BalasHapus
  2. Thanks telah berkunjung... Moga Saleman, Maluku tengah, Maluku dan Indonesia makin maju...

    BalasHapus