Saleman Dan Kahua


Dua Bulan terakhir ini aku Pindah tugas dari Arara ke Saleman, keduanya masih di wilayah teritorial kabupaten Maluku Tengah, tapi berbeda kecamatan. Arara berada di wilayah kecamatan Seram Utara, sedangkan Saleman berada di Kecamatan Seram Utara Barat.
Geografis Desa Saleman berada di pesisir Pantai dan langsung di bawah tebing batu Gamping yang menjulang tinggi dengan dihiasi dengan lebatnya Hutan yang masih virgin. Pantai yang di taburi hamparan pasir putih manambah memukaunya desa Saleman. Deretan pohon-pohon kelapa menambah keren saja. Tak hanya itu tentunya, kekayaan lautannya juga wujubune. Masyarakat lokal mengambil hasil laut untuk makan sehari hari dan sebagian hasilnya untuk dijual. Selain sebagai nelayan, mayoritas penduduk Saleman umumnya berkebun. Mereka umumnya menanam cokelat dikebun sekitar desa.

Tepat dibelakang rumah dinas Dokter, berdiri tebing kokoh yang menjulang tinggi. di tebing tersebut terdapat sebuah Gua yang oleh masyarakat sekitar di sebut gua Lusiala. Jika sore tiba, ratusan bahkan ribuan kelelawar keluar dari mulut gua tersebut. Gua Lusiala merupakan satu dari 30 gua yang ada di karst Sawai-Saleman, yang tercatat oleh SUCC dan Wessex Cave Club di tahun 1996.


Salah satu Gua di Saleman


Selain Keindahan alam dan kekayaan baharinya, masyarakat saleman juga memiliki adat budaya yang kental. baru dua hari bertugas di Puskesmas Saleman, saya sudah disuguhi sebuah upacara adat sederhana, Kahua.  Ya, Kahua kali ini diadakan oleh sebuah sekolah kejuruan setempat, karena bebebrapa waktu yang lalu banyak siswa-siswa yang kesurupan. Oleh para guru  dipercaya hal itu terjadi karena arwah para leluhur meminta "makan dan persembahan". Upacara Kahua salah satunya bertujuan  untuk memberi "makan" dan "doa" kepada arwah para leluhur. Sebuah kekayaan budaya religi indonesia.




Tapi sayang, dibalik segala kekayaan alam dan budaya, masyarakat saleman harus ternoda
fenomena konflik tapal batas petuanan antara Saleman dan Horale.

Ada wilayah di Desa Saleman yang cukup eksotik dan akan dijadikan obyek wisata yaitu Air Belanda. Sejuk dan dingin  euy... 
Silahkan Jalan-jalan ke Saleman, tapi jangan lupa mending pas panen durian. Di Saleman kalau pas panen durian, 3 biji cuma 10Ribu juragan... Murah euy...







Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 20.35.00 Kategori:

5 Komen penuh makna..:

  1. Wah jadi rindu teman-teman di saleman

    BalasHapus
  2. Syukur kalau bisa menikmati lokasi tugas yang baru :D

    BalasHapus
  3. Salam buat Pak Ramli, dari mantunya di jogja
    Wakakakakaka

    BalasHapus