Wifi Laptop Windows XP Sebagai Akses Point

Maaf sebelumnya saya ingatkan bahwa postingan ini agak mencekik bandwith.Gambarnya buanyak. Jadi kalo dirasa berat ya lewati saja...
Berawal saat mau menambah aplikasi di Galaxy tab via Android Market, kebetulan lagi berada di lokasi yang jelek signal GSMnya akhirnya mesti pake internet via laptop. So download via laptop kemudian di install ke Galaxy Tab via Samsung Kies. So Laptop harus ditanam dulu Samsul Kies, dan Apesnya saat install samsul Kies beberapa kali gagal. Gak tau karena CD nya yang scracth atau emang laptopnya yang trouble. Binung... tinggal ngopi dulu untuk nenangin pikiran. Taraaa... Akhirnya dapat ide. : Wifi Laptop akan saya  akan gunakan sebagai akses pointnya, sehingga Galaxy Tab langsung konek nternet via wifi.  Alasanya saya pernah dengar bahwa Sebenarnya kita dapat membuat ”semacam” akses poin dengan fasilitas wifi yang dimiliki oleh laptop kita. Dengan begitu, kita dapat melakukan sharing file dengan laptop lain yang terkoneksi melalui wifi tersebut. Bahkan kita dapat berbagi koneksi internet. Namun, tentu saja kekuatan sinyal yang dipancarkan tidak sejauh bila menggunakan akses point. Okay....
Akhirnya saya minta petuah di mbah google, disarankan meluncur ke http://berbagaicara.blogspot.com/2010/01/membuat-wifi-laptop-menjadi-semacam.html . Di referensi yang diberikan oleh mbah google tersebut ada dua cara. Kata sang penulisnya lebih praktis dan lebih sering berhasilnya pada cara yang kedua. jadi saya nyobanya cara yang kedua. Begini inilah step-stepnya...
Klik icon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection. Pada pojok kiri bawah terdapat tulisan ”Change Advanced Setting”. Klik tulisan tersebut Maka akan muncul jendela properties seperti berikut.

Klik Tab Wireless Networks. Maka akan berpindah pada Tab lain seperti ini :
 Klik tombol Add. Lalu akan muncul jendela baru seperti ini.
Masukkan SSID. Kemudian hilangkan tanda centang pada ”The key is provide for me automatically” supaya kita dapat menentukan sendiri password yang akan digunakan untuk masuk ke jaringan. Lalu beri tanda centang pada “This is a computer-to-computer (ad hoc) network;wireless acces points are not used”.
Lalu klik OK.
Sekarang, kita cek jaringan wireless yang kita buat tadi sudah ada atau belum dengan cara klik icon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection seperti berikut.

Apabila SSID yang kita buat tadi sudah tampak, maka berarti kita sudah berhasil. Namun statusnya masih ”On Demand”. Untuk mengaktifkan jaringan tersebut agar laptop lain dapat juga terhubung, maka laptop yang digunakan sebagai ”akses poin” harus mengkonekkan dengan jaringan tersebut terlebih dahulu. Oleh karenanya, klik tombol ”Connect” pada jendela tersebut. Masukkan password yang sudah dibuat tadi.
Setelah itu, status yang terlihat akan seperti berikut.
Di gambar tersebut statusnya menjadi Not Connected. Jangan khawatir, karena status itu menunjukkan bahwa belum ada computer/laptop lain yang terhubung dalam jaringan tersebut. Nanti apabila sudah ada komputer/laptop yang terhubung, maka statusnya akan berubah menjadi Connected.

Nah cara diataslah yang lebih praktis. dan kemungkinan gagal lebih kecil. bagi yang penasaran dengan cara satunya... nih saya bagikan juga... itung -itung amal. :))
Klik icon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection. Lalu lihat di sebelah kiri terdapat tulisan “Set up a wireless network for a home or small office”. 
Klik tulisan tersebut. Akan muncul sebuah wizard seperti berikut :

Klik Next lalu akan muncul wizar baru kemudian pilih ”Set up a new wireless network”.
Klik Next dan akan muncul wizard berikut.

Masukkan SSID (network name). SSID adalah nama network yang akan dipancarkan. Pilih “Manually assign network key” untuk membuat password secara manual apabila hendak masuk ke jaringan tersebut. Lalu klik Next dan masukkan password yang akan digunakan bila hendak masuk ke jaringan.
Lalu klik Next , maka akan muncul wizard berikut
Klik Next lalu Finish
Terkadang cara tersebut gagal karena pada beberapa kondisi mengharuskan setting jaringan sebagai jaringan Ad-Hoc, Namun pada cara pertama tadi tidak ada langkah untuk setting jaringan menjadi Ad-Hoc. Jadi kalo cara ini gagalya balik lagi cara yang diatas.. Okey.. :)

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 12.07.00 Kategori:

32 Komen penuh makna..:

  1. di xp kok lebhih njlimet ya...
    kemaren tak posting buat di win7 kayane ga kebanyakan upacara
    lebih nyaman di ubuntu ding

    naispos gan...

    BalasHapus
  2. tutorial yang sangat bagus...thanksya gan atas tutorialnya..salam kenal

    BalasHapus
  3. mantab artikelnya, terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  4. info yg sangad bagus bwt yg gug tw masang wi fi

    BalasHapus
  5. visit my blog www.eckotenuntroso.blogspot.com

    BalasHapus
  6. kemarin saya nyoba tapi nggk bisa" . . .
    coba cara nia ach siapa tau bisa...

    BalasHapus
  7. wis mantap juga nih tutorialnya, keren sekali nih, makasih banyak yah buat infonya

    BalasHapus
  8. menarik sekali buat dicoba,makasih,,

    BalasHapus
  9. masukan bagus sangat bermanfaat sekali,makasih dan sukses trus,,,

    BalasHapus
  10. makasih atas informasinya. . . . saya banyak belajar tentang ini dan situs ini benar-benar berguna buat saya. . . dan situs ini sangat menarik sekali. . .

    jangan lupa lihat juga blog saya. .

    http://aboutinstallationlinux.blogspot.com/

    terimakasih. . .

    BalasHapus
  11. Good post gan... keep blogging

    BalasHapus
  12. mksih bnyak tutornya,,
    bner2 super komplit !!

    BalasHapus
  13. bosss..
    gw udah bisa setting access pointnya
    gw coba connect wifinya pake HP bb,eehh..wifinya gak kedetect
    knpa yah?

    BalasHapus
  14. nice info. . .
    bermanfaat skali. . .

    BalasHapus
  15. Mantaapp..
    makasih infonya..!!
    Berguna bgt,..

    BalasHapus
  16. makasih buat informasinya mas. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  17. Waktu diakses via android koq wifi nya ga muncul? kenapa ya?

    BalasHapus
  18. artikel yang manfaat ini
    salam kenal www.tokojatifurniture.com

    BalasHapus