IDI Malteng Punya Gawe


Mau ngeposting dengan tema yang rada ilmiah dikit ah. Ini kali pertamanya saya ngeposting kegiatan IDI Maluku tengah, yaitu acaranya Seminar dan Pengobatan Masal dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia. Karena Hari bakti Dokter, jadi panetiyanya ya para dokter semua, baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis. Rencananya kegiatan diadain tanggal 25-26 Mei tapi terpaksa harus diundur ke 8-9 Juni karena situasi politik karena Pilkabe Pilkada.

H-1 Sebelum Acara, Saya meluncur ke Masohi. Lagi-lagi karena jarak yang relatip jauh yang mengharuskan datang sebelum waktunya.  Pake apalagi kalo nggak motor. Alone Rider. Sendirian tur indik-indik. Sampai di Masohi istirahat sebentar di penginapan dan langsung meluncur ke venue di New Lelemuku Hotel. Survey sekalian untuk bantuin para panitia. Ngetik daftar hadir, pasang backdrop, nyiapin proyektor dll. Maklum tampang mirip pembantu..  Dari dulu kalo ada kegiatan paling jadi  tukang angkat junjung, padahal body minim proteindan miskin lemak. Mentok-mentoknya paling jadi sie Perlengkapan. Emang sih acara nggak lengkap tanpa kehadiran sie perlengkapan… *menghibur diri. 

Hari H kegiatannya seminar ilmiah tentang  kegawat daruratan medis. Mulai dari Interna, Bedah, Mata dan Anak.  Pembicaranya para dokter spesialis yang bertugas di Masohi. Nggak mengimport dari luar. Sebenernya cukup menarik dan bermanfaat banget, nge-refresh ilmu. Tapi sayang waktu yang terbatas mengharuskan seminar ini harus interrupted sebelum completed. Jam 12 an seminar bubar, para peserta yang moslem yang berkelamin laki-laki langsung menuju mesjid untuk sholat Jumat. Yang lainnya siap-siap karena jam 2 siang para dokter harus pindah lokasi acara ke Sawai. Perjalanan Masohi-Sawai bisa memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Selepas sholat Jumat, para rombongan dokter meluncur ke Sawai. Transportasi yang disiapin panitia ada truk, Ambulance dan mobil carteran. Dari semua peserta hanya saya yang naek motor. Kurang kerjaan emang. Gakpapa deh kurang kerjaan, yang penting selesai Acara di Sawai bisa langsung kabur ke Arara, nggak perlu balik lagi ke Masohi.

Malam harinya di Sawai, dipenginapan diatas laut para anggota IDI Kab Maluku Tengah ini mengadakan Raker perencanakan kegiatan, biar IDInya nggak vakum, sekaligus pengakraban antar dokter. Maklum kondisi geografis yang sangat berjauhan mengakibatkan kurang kenalnya para teman sejawat ini. Gimana bisa kenal kalo jaraknya ratusan kilometer, ketemu juga gak pernah. Palingan tahu nama-namanya saja. Tapi warna, bentuk, dan baunya belum pernah ngerti. Apalagi rasanya… * emang permen???

Pagi hari di hari kedua. Sebelum pengobatan masal dilaksanakan, temen-temen ada yang nyempetin snorkling dan berenang.  Kebetulan cuaca cerah dan visibility lumayan bagus untuk bisa ngelihat terumbu karang dan ikan-ikan warna-warni yang berenang. Sengaja memilih Sawai sebagai lokasi pengobatan masal karena desa ini emang belum ada puskesmas dan dokternya. Dan sangat jauh untuk mendapatkan akses kesehatan. Sehingga pengobatan masal ini diharapkan bisa sangat bermanfaat. Selain itu, pemandangannya bagus dan lautnya masih yahuud sehingga bisa sekaligus untuk rekreasi para dokter. *Sekali dayung dua tiga bini terlampaui.

Acara pengobatan dilaksanakan di titik nol kilometer negeri Sawai yaitu di Balai Desa . Masyarakat antusias sekali. Laki-laki, perempuan,  anak-anak hingga kakek, nenek semuanya ada.  Sebelum acara pengobatan di mulai, Bosnya IDI Malteng dr Saleh Tualeka SpM dan Pemimpin negeri Sawai memberikan sedikit sambutan dan pengarahan. Selesai pengarahan, Acara pengobatan masal dimulai. Tiga meja Pemeriksaan dokter umum, dua dokter gigi dan satu dokter ahli mata yang telah disiapkan panitia . Semuanya full terus. Tanpa jeda. dan Lariss maniss.... Setelah sekitaran 3 jam pasien habis. Tapi ada beberapa pasien yang nggak bisa tertangani dengan tuntas dikarenakan keterbatasan obat. Jadi pasien-pasien yang blum klimaks itu kami arahkan untuk harus  tetep ke rumah sakit. Total kunjungan pasien pada Baksos Hari Bakti IDI ini ada sekitar 200an orang.  Mayan pegel juga yang nulis dan giling obat...

Selesai Acara pengobatan, teman-temen langsung  balik ke penginapan, untuk persiapan perjalanan ke Masohi. Saya langsung meluncur ke TKP di Arara untuk mengikuti pengobatan masal tiap hari....
See u next time broo... Sist....




Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 11.00.00 Kategori:

5 Komen penuh makna..: