Bulan April aku dapat bocoran dari kepala dinas kesehatan kabupatenku, kalau istriku bulan September akan ditempatkan di Puskesmas yang jaraknya sekitar 70an Kilometer dari tempat tugasku. Wah sempat binun juga, bagaimana nih, siasat agar bisa tetep ketemu anak dan istri. Akhirnya setelah berunding dengan my beloved wife, kami memutuskan untuk cari sarana transportasi. Mobil, motor, sepeda, speedboat, pesawat atau apa yah??? akhirnya kami memutuskan untuk beli Motor. 3 bulan memikirkan motor apa yang akan dipilih.
Awalnya sempet bingung juga memilih antara Honda CS-1, Yamaha Jupiter MX atau Suzuki Satria FU 150. Tapi setelah browse dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku memilih Suzuki Satria Fu 150 sebagai tunggangan. Datanglah kami ke dealer suzuki satu-satunya di Masohi. Dengan cash 20,5 juta Kami akhirnya langsung membawa pulang motor DOHC 4 tak dan berkapasitas mesin 147 cc tersebut.
FU memang unggul teknologi mesin. selain CC yg lebih besar daripada CS-1 dan MX, mesin FU juga sudah menggunakan kem ganda (DOHC). Handling-nya juga enak, meski secara keseluruhan FU harus mengakui keunggulan CS-1 soal riding position. karena mengendarai FU harus sedikit membungkuk dikarenakan setang bawaan model jepit. Kekurangan FU ada pada konsumsi BBM yg relatif lebih boros bila dibanding CS-1 dan MX. Satu liter paling bisa dipakai jalan kurang lebih 30 km. Selain itu FU memiliki 6 percepatan Sehingga motor dengan kode produksi NSSF150 bisa digeber hingga 120 KM/jam lebih. Bahkan pernah aku membaca sebuah artikel yang mengklaim bahwa Satria FU 150 merupakan Bebek 4 tak tercepat yang ada di muka bumi. Maka tak heran jika FU di juluki Hyperunderbone.
Awalnya sempet bingung juga memilih antara Honda CS-1, Yamaha Jupiter MX atau Suzuki Satria FU 150. Tapi setelah browse dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku memilih Suzuki Satria Fu 150 sebagai tunggangan. Datanglah kami ke dealer suzuki satu-satunya di Masohi. Dengan cash 20,5 juta Kami akhirnya langsung membawa pulang motor DOHC 4 tak dan berkapasitas mesin 147 cc tersebut.
FU memang unggul teknologi mesin. selain CC yg lebih besar daripada CS-1 dan MX, mesin FU juga sudah menggunakan kem ganda (DOHC). Handling-nya juga enak, meski secara keseluruhan FU harus mengakui keunggulan CS-1 soal riding position. karena mengendarai FU harus sedikit membungkuk dikarenakan setang bawaan model jepit. Kekurangan FU ada pada konsumsi BBM yg relatif lebih boros bila dibanding CS-1 dan MX. Satu liter paling bisa dipakai jalan kurang lebih 30 km. Selain itu FU memiliki 6 percepatan Sehingga motor dengan kode produksi NSSF150 bisa digeber hingga 120 KM/jam lebih. Bahkan pernah aku membaca sebuah artikel yang mengklaim bahwa Satria FU 150 merupakan Bebek 4 tak tercepat yang ada di muka bumi. Maka tak heran jika FU di juluki Hyperunderbone.
Berikut data teknis yang disalin dari situsnya suzuki :
SPESIFIKASI TEKNIS | |
Dimensi | |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) | 1.945 x 650 x 980 |
Jarak sumbu roda (mm) | 1.280 |
Jarak terendah ke tanah (mm) | 140 |
Berat kosong (kg) | 109 |
Kapasitas tangki BBM (liter) | 4,9 |
Rangka | |
Tipe rangka | Underbone |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Monosok |
Rem depan | Cakram |
Rem belakang | Cakram |
Tipe & ukuran ban depan | 70/90-17 |
Tipe & ukuran ban belakang | 80/90-17 |
Mesin | |
Tipe | 4 langkah DOHC |
Sistem pendingin | Udara |
Diameter x langkah (mm) | 62 x 48,8 |
Kapasitas silinder (cc) | 147 |
Perbandingan kompresi | 10,2:1 |
Daya maksimum (ps/rpm) | 16/9.500 |
Torsi maksimum (Nm/rpm) | 12,5/8.500 |
Transmisi | Manual 6 speed |
Masa sih FU merupakan bebek tercepat? Apa nggak kalah tuh ma honda sonic?
BalasHapusCoba dulu bang jangan asal omong
HapusSetahu saya dari artikel yang saya baca Satria FU is Faster than Sonic, tapi nggak tau percisnya... karena blom pernah ngetes langsung sih... :)
BalasHapusTes Slam kenal
BalasHapusSatria lah...
BalasHapusMotor boros itu larinya kenceng