MEMILIH OLI YANG BAGUS UNTUK SATRIA F150, oli 4t cocok untuk suzuki fu

Meskipun dimedia akhir-akhir ini sedang gempar dengan download video hot Luna maya dan Ariel Peterpan dan banyak para surfer yang hunting link download video menghebohkan tersebut Kali ini saya tetap dijalurlain, dan Membuat postingan tentang oli motor dan Sedikit review saya beberapa Oli yang sudah pernah masuk di Engine Satria FU 150.



SGO SAE 20w50 API SG, JASO MA

Fu 150 Saya tahun 2009, Saat keluar dari Dealer oli yang merendam gear dan Kopling baru saya adalah oli bawaan Suzuki yaitu SGO. Kebetulan Saya tinggal di rumah dinas yang jarak antara dealer dan Rumah sekitar 140km. Maklum tinggal di pedalaman Maluku. hehehe...
Keluar dari dealer motor langsung "diajak pulang".
Mungkin Karena medan yang dilalui dari dealer ke rumah berbukit-bukit, tanjakan dan turunan, sesampai di rumah oli berkurang. Saat di standar tengah, di jendela-periksa oli oli sudah tidak terilhat. Waduh menguap banyak juga nih...
Karena Motor masih baru, sekalian saja langsung oli di ganti. padahal odometer masih kurang dari 200. Selama penggunaan nggak ada masalah, mungkin karena motor masih baru dan oli juga masih baru. Saat oli dikeluarkan dari mesin oli masih relatif jernih.

Castrol Active Go SAE 20w40 API SF JASO MA
Karena lokasi yang lumayan remote, dan ketersedian pilihan oli tidak beragam seperti dikota-kota, akhirnya oli ganti ke Castrol Active yang warna putih. karena kebetulan saat stok di toko terdekat satu-satunya yang menjula oli adalah mesran super, federal, top 1 dan Castrol active g. Kalau mau merek lain harus ke kota (masohi) yang jaraknya wujubune.. akhirnya dicobalah oli castrol ini. berhubung kemasaan 800ml kudu beli dua botol deh.. Selama penggunaan castrol ini tidak ada masalah berarti. odometer pada angka 200-700 relatif tidak ada masalah. Perpindahan gigi mudah, pemanasan pagi hari juga langsung jreng... tapi Pada Kilometer 700an keatas (penggunaan oli 500KM lebih) mulai terasa perpindahan gigi sedikit keras. Warna oli juga mulai agak keruh. MUNGKIN dari analisa saya karena motor masih baru, jadi permukaan komponen mesin motor belum halus dengan sempurna. 
Akhirnya pada ketika Angka odometer menunjukkan 1000 sekian, Castrol putih dipaksa harus keluar.

Castrol Power one SAE 15w40 API SG JASO MA
oli dengan Botol warna gold ini mengguyur mesin. sekalian ganti filter oli dan service juga. Lumayan Pede juga dengan oli ini. mesin terasa lebih enteng dibanding Castrol putih dan SGO. nggak tau mungkin karena habis service atau memang karena oli. Tapi kendalanya mesin lebih berisik dan sedikit lebih panas.
dipakai bolak balik Saleman-arara jarak 148km. baru 3 kali(total 444km), warna oli sudah mulai berubah. Perpindahan gigi mulai agak susah. Saya merasa kurang puas dengan oli yang satu ini. saya harap oli ini bisa jauh diatas Castrol putih tapi ternyata relatif sama. Memang lebih unggul sedikit soal akslerasi.  Karena merasa belum mendapatkan oli yang cocok saya terus mencari referensi tentang oli, Atas saran bengkel akhirnya saya mencoba membeli oli pertamina fastron, meskipun saat itu umur oli masih 700km. untuk siap-siap kalo oli minta ganti. Saya hunting berbagai sumber dengan mempertimbangan ketersedian oli di kota Masohi, Soal harga urusan nomor dua.

Fastron Forced Synthetic (kuning) SAE 20w50 API SL/CF

Oli untuk mobil ini berkemasan 1liter, jadi cukup membeli 1 botol dulu. 45ribu di masohi. Saat penggunaan castrol mancapai 1000 lebih sedikit, rasa-rasanya pengen segera mencoba Fastron. Akhirnya fastron saya masukkan ke mesin FU. Sambil tetap mencari referensi oli, saya kaget saat membaca sebuah blog (lupa alamatnya, nggak di Save) karena oli mobil tidak bagus untuk kendaraan dikarenakan mesin mobil pada umumnya bekerja pada RPM menengah sedangkan motor lebih sering pada RPM menengah keatas, terlebih Satria FU yang memang di design untuk diajak lari. Selain itu ternyata baru nyadar bahwa Fastron nggak ada sertifikasi JASO MA nya. Padahal JASO(Japan Automotive Standard Association) lebih penting dari pada API(American Petroleum Institute), jika oli peruntukkannya mesin motor buatan jepang. Karena kekhawatiran tersebut akhirnya sebelum 500km oli dipaksa keluar setelah menyediakan oli cadangan Motul Ester 5100.

Motul Ester 5100 SAE 10w40 JASO MA

Oli seharga Rp 95000/liter (di Ambon) terpilih setelah membaca berbagai sumber di internet tentunnya. Berhubung di kota kabupaten (Masohi) tidak tersedia maka saya harus pesan Motul ke ibukota Propinsi maluku. Awal mencoba terasa enak, akslerasi yahuud, kopling juga empuk, perpindahan gigi juga tidak keras. Oli berbau wangi.. waktu service di Masohi mekaniknya sempat bingung, kok wangi dikiranya dicampur pake oli samping, secara baunya kaya permen karet. hihihi... Sampai 1000km lebih tidak ada perubahan dalam performa motor, hanya warna oli mulai keruh. sampai pada kilometer hampir menyentuh 2000 baru warna oli mulai menghitam. Volume oli masih dalam batas rekomendasi. Oli buatan Prancis ini masih melayani mesin dengan baik,tapi berhubung warna oli sudah mulai gelap pada 2300km, akhirnya oli diganti. Kesan saya sangat puas menggunakan Oli ini. akhirnya saya rutin memakai oli ini dan biasanya 2000-2500km oli saya ganti. Memang mesti sedikit ribet, karena mesti pesan dulu ke ambon. jadi biasanya saya akali sekali pesan 3 atau 4 botol sekaligus.

Update....

Enduro Racing 4T SAE 10w40 JASO MA2
Karena nyari Motul lumayan susah... dah beberapa kali niti p ke Ambon ternyata stoknya pas nggak ada akhirnya nyoba melakukakan pencarian ulang.  Dan setelah googling nemulah oli ini. Enduro Racing yang dibikin oleh bangsa kita sendiri.. hmmm sip.. Beberapa kali pake cukup memuaskan. Pas dikantong dan enak di mesin, tarikan enteng, mesin nggak terlalu cepet panas, dan SAE 10W40, cocok banged dengan karakter Satria yang memeng memiliki kompresi yang tinggi. ... 45ribu perbotol 1 liter cukup worthed... Wangi lagi...


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 10.25.00 Kategori:

29 Komen penuh makna..:

  1. makasih sharenya juragan.. motorq pespa juragan jadi olinya saksake

    BalasHapus
  2. hemmbbb.....infonya mantepp gan..

    kunjugan balik yahh

    BalasHapus
  3. wah mbah ini bener-bener kuat imannya ya...
    saya setuju sama mbah.....lebih baik posting artikel tentang oli dari pada posting tentang artikel luna-aril itu,apalagi sampai nyediain downloadan videonya...

    salam kenal juga mbah....he..he...he..

    BalasHapus
  4. Stuju dengan postingan ini. Janganlah kita terlalu terbawa arus informasi yang tidak menguntung kan buat kita. Dan ane rasa kita harus segera mencerdaskan diri dengan menentukan mana informasi yang perlu kita dengar dan yang tidak. Denger gossip bikin hidup terlalu sibuk ngurusin kehidupan orang sementara kehidupan kita sendiri tak keurasan...

    Salam kenal...

    BalasHapus
  5. wah terima kasih informasinya sangat membantu :)

    BalasHapus
  6. kirain darah beneran hihihi ternyata oli toh.
    salam kenal

    BalasHapus
  7. bro, bagus banget ni infonya, kunjungi jg blog saya y :)

    BalasHapus
  8. Satria memang top, pa lagi kalo di modif jadi motor trail lalu di pake buat ngetrack di Dlingo tentu akan membuat ketagihan, Pernah dengar Dlingo.

    BalasHapus
  9. @ mAs Koetot : Maksudnya tlogo dlingo di TW?? Pernah dung... Sering malah main ke situ... biasa kalo pas diksar Mapala beta datang kasitu...

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. xixi, tak kira apa.an judulnya itu loh serem./...

    BalasHapus
  12. good info. jika mau menjadi Supplier otomotif silahkan datang ke web saya.thanks

    BalasHapus
  13. saya pake Castrol Active Go SAE 20w40 API SF JASO MA, kadang ga pernah ikutin kilometer, karna jarak tempuh saya pendek kurang dari 20KM setiap harinya tapi tiap bulan selalu ganti. nice info mbah.

    BalasHapus
  14. THX oom, berguna banget buat saya nich

    BalasHapus
  15. om kira2 kalo enduro 4T itu pas ngakk sih buat fu yang buat keseharian>?? mampir yaa?? http://dzakidelta.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. kalo saya pakai shell advance ax7 gimana komentarnya? soalnya baru gantu fu gan mohon antuannya..

    BalasHapus
  17. Kalo standar tengah emang oli gak keliatan om, harus posisi normal

    BalasHapus
  18. Bm1 udah cukup sae 15w 50, api SJ, jaso MA. Cz menurut wa iklim di Indonesia itu tropis jadi g perlu encer2 oli nya..., tq bwt solusi nya.. Good luck bwt mas dukun...

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Bagus apa gak harus ada bandingannya gan... Kalo menurut ane ya semuanya bagus, tergantung peruntukkanya gan...

      Hapus
  20. Ada lg yg baru skarang...merk evalube...lebih baik dikit dr enduro..coba dan rasakan pbedaanx bro...skedar share pngalaman sesama FUers..

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah dan sering liat olie evalube... tapi blom pernah nyoba

      Hapus
  21. bos mohon info dong itu yang Enduro Racing 4T SAE 10w40 JASO MA2 setelah pemakaian berapa kilo meter diganti?

    BalasHapus