Booting Lebih Cepat

Laptop Acer yang saya beli 3 tahun silam sampai saat ini baik-baik saja. Adapun spesifikasinya

  • Processor AMD Turion 64 2,2GHz

  • VGA ATI Radeon Xpress 1100

  • Memory 1 GB.

  • Hardisk Awalnya Hitachi 80GB, dengan alasan Space yang terlampau kecil untuk dua Sistem Operasi akhirnya saya ganti dengan Seagate
    250GB.
Sudah kurang lebih 3 tahun ini saya menggunakan double OS di Laptop, Linux dan Windows XP. Beberapa distro pernah tertanam di Lapie dan saya gunakan. dengan beberapa alasan akhirnya harus gonta-ganti untuk mendapatkan yang sesuai selera. Soal selera memang berbeda-beda.
Memilih distro memang seperti memilih pacar tentunya :) Satu orang bilang bagus, yang lain belum tentu sependapat. Jadi untuk menentukan distro mana yang cocok ya alangkah baiknya dicoba dan didalaminya.
Dari beberapa distro yang pernah saya gunakan ( Pazia (bawaan Laptop), Mandriva2009, OpenSUSE 9.0, OpenSUSE 11.2, Ubuntu 7.10, Ubuntu 8.04, 10.04, LinuxMint 5, Backtrack 3, DreamLinux, Fedora dll) ternyata rata-rata tidak bertahan lama, palingan 1 bulan. tapi ada dua distro yang cukup memikat dan bisa bertahan lama saya gunakan yaitu LinuxMint Elyssa dan ubuntu LucidLynx (10.4).


Saya menggunakan Elyssa relatif cukup lama, mungkin satu tahun lebih. Ketertarikan saya terhadap mbak elyssa karena distro ini berbasis debian ubuntu versi 8.04lts, nggak tau kenapa sejak pertama kenal ubuntu memang saya sangat terkesan. Selain itu Elyssa ini didalam paket instalasinya sudah tersedia codec audio dan video untuk memutar file-file musik dan film. jadi kita tak perlu lagi mengunduh dari repository. Tampilan dari linux mint lumayan cukup Freshhhhh, Untuk satbilitas dan ketersedian aplikasi sangat wokey, karena selain
didukung oleh repo dari Mint juga bisa di dapet dari reponya ubuntu. Hardware overall juga berjalan dengan baik. Saya sangat puas make Linux yang satu ini.

Ubuntu 10.04 lts dengan code name LucidLynx saya memakainya sejak Akhir Mei 2010. Jadi bisa dibilang saya mulai memakai Lucid 1 bulan setelah ubuntu 10.4 dirilis. Awal memakai sebenarnya tanpa sengaja. Kok bisa tidak sengaja?? Iya, karena saya sudah terlanjur sregg dengan Elyssa. kebetulan pas jalan-jalan di Masohi saya beli tabloid komputer dan kebetulan dapet bonus CD Ubuntu 10.04lts. Setelah saya baca-baca di tabloid tsb menyebutkan kalo ubuntu yang satu ini Fast, Fun and Easier to use. Penasaran dengan kata-kata itu akhirnya aku mencobanya. saat instalasinya kurang lebih sama dengan ubuntu yang lain hanya grafisnya sedikit ada polesan yang lebih fresh. Saat instalasi agak sedikit lebih lama dibanding ubuntu versi sebelumnya yang sudah pernah saya pakai ( 7 dan 8 ). Selesai install saya me-restart, dan Boot Splash dimulai, warna dasar Ungu dengan logo bertuliskan Ubuntu lebih kecil dari versi 7 dan 8. Kurang familier juga dengan ubuntu warna ungu, karena setahu saya yang dulu-dulu lebih hitam oranye. Saat booting terasa lebih cepat. Aplikasi kurang lebih sama dengan ubuntu versi sebelumnya, Sayang beberapa aplikasi tidak diikut sertakan misalnya : GiMP dan Thunderbird. Untuk memutar MP3 dan Film mesti kudu download codec terlebih dahulu.

Untuk membuktikan kecepatan booting akhirnya saya mencoba mengukurnya menggunakan jam yang dilengkapi stopwatch. Saya membandingkan antara LinuxMint Elyssa dan Ubuntu 10.04lts. Waktu dihitung sejak "Option OS" muncul sampai dengan "login". LinuxMint, selama tiga kali percobaan, tercatat waktubooting 38, 39 dan 37detik. Sedangkan Ubuntu 10.04 tercatat 25 detik saja!! waw cukup signifikan juga selisih waktu bootingnya. Nggak tau kenapa ubuntu yang baru lebih cepat. Apakarena versi kernel atau perbedaan aplikasi yang terinstall dll Mungkin Para suhu Linux lebih mengerti. Wah jadi penasaran juga dengan LinuxMint yang berbasis Ubuntu 10.04 nih. Apakah Mint yang baru juga secepat Ubuntu yang baru yah...? kita tunggu saja....

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 17.55.00 Kategori:

12 Komen penuh makna..:

  1. belum pernah install linux di kompi saya nih gan... :D

    BalasHapus
  2. waduh saya belum pernah nyoba ubuntu mas pingin juga sech seenernya
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  3. dicoba .pas kebtulan sy jga pake double OS..ubuntu sama windows..thx info nya pak..

    BalasHapus
  4. botting dikomputerku biasanya lambat sekali,sampai-sampai saya mau buang komputer saya.tapi alhamdulillah sebelumnya saya sudah ketemu artike yang bermanfaat ini.Terima kasih yah mas atas informasinya.

    BalasHapus
  5. wah kebetulan!! lagi tertarik ma linux :)

    BalasHapus
  6. Wah gan kebetulan sy baru mau nyoba Ubuntu, pas banget dapat info ini.Thanksssss berat

    BalasHapus
  7. apa linux yang bisa jalan di pentium satu tp power full

    BalasHapus
  8. Wah..jujur..aq gak terlalu paham..Ubuntu tuch apaan ya..Tapi yuang pasti blog ini keren banget,..Theme-nya meskipun terkesan sederhana tapi sangat elegant n looks profesional..Jadi terisnspirasi..Dowbload dimana ya,bos..

    BalasHapus
  9. great post i really like it.
    keep posting stuff like this

    BalasHapus