KARBURATOR PE 28 UNTUK SATRIA FU ciri-ciri karburator pe 28 china, thailand, jepang

Kenapa saya Pake PE 28?? Semua berawal saat karburator OEM den Bei Satria FU, yaitu Mikuni BS 26 yang bertipe Vakum mengalami masalah, akhirnya saya harus mencari karbu pengganti. Mau diganti dengan jenis yang sama. atau yang lainnya yah??? Karena beberapa pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk memakai Karbu PE 28 yang merupakan karburator bawaan dari Honda NSR SP untuk menggantikan Mikuni BS26. Bila dibanding dengan Karburator Bawaan den Bei Satria FU, Karburator jenis PE 28 tentu lebih responsif . Selain karena diameter yang lebih besar 2 mm, Karbu ini tidak menganut sistem vakum. Yang artinya naik turunnya jarum (jet needle)  langsung dari tarikkan gas bukan karena kevakuman. 

Browsing-browsing, ternyata dipasaran ada beberapa jenis karbu PE 28. Mulai dari buatan China , Thailand sampai yang buatan Japan.
Dan Masing masing tentunya punya ciri-ciri dan kelebihannya. Untuk yang bikinan China, saya baca-baca bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, finishing bodi kasar. Dan kelebihannya selain harga yang relatif lebih murah (dibandrol 300an ribu). Hati-hati jika membeli barang ini karena sangat susah disetting.

Untuk yang bikinan Thailand adalah paling disuka para pengoprek motor. Cirinya Warna gelap, jarum tidak ada setelan ulirnya, finishing rapi, tertulis Made in T, biasa dijual tanpa kemasan. Harga dipasaran direntang 500 hingga 600 ribuan. Jika dibanding dengan buatan china, Karbu Thailand ini relatif lebih mudah disetting. Selain itu, karbu Thailand ini mudah ditemui dipasaran.
Disamping PE 28 Thailand ada juga  PE 28 Ori Honda Thailand. Warna sama gelapnya, skep warna krom tapi dalemnya kuning emas dan berat. Jarum juga tidak ada ulir setelan,  Finishing lebih rapi, dijual dengan kemasan dus Honda lengkap dengan Code part. Beberapa sumber menyebutkan bahwa karbu ori Honda Thailand ini sebenarnya sama saja dengan yang Thailand Cuma beda dikemasan saja. Tapi sumber lain menyebutkan berbeda. harga PE 28 ori Honda Thiland ini direntang 850 – 900ribu.

PE 28 Made in Jepang  harga diatas 1 juta. Ada yang original Keihin, ada juga Keihin re-Setting oleh Sudco atau Daytona. Finishing jelas rapi, jarum skep ada ulir setelan, skep di chrom dan dasarnya kuning keemasan dan berat. choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), tulisan keihin Timbul dan tertulis "Made in Japan". Di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup gede konon katanya berguna saat setting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tsb dan PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut.

Kebetulan Den Bei Satria FU pakai PE 28 Japan resetting by Sudco. Meskipun PE 28 mendapat predikat karbu sejuta umat, saya tetep harus beli online via kaskus. Karena di Masohi belum tersedia.  Dalam pemasangannya ke den Bei nggak pake kendala yang berarti. Langsung plek baik manifold dan Filter . Jadi masih pakai yang OEM Satria FU. Kabel gas juga masih pakai Aslinya dengan sedikit modifikasi, Cara pasang kabel gas standar ke PE 28 dah pernah saya posting. Untuk urusan setting, saya nggak pake ribet. melayani CDI, Koil, Filter semuanya standart cukup pakai PilotJet 38 MainJet 115 dah langsung uenak. Guampang banget.

Pokoknya Apapun PE 28 nya, Larinya ngacir....
.

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 12.16.00 Kategori:

19 Komen penuh makna..:

  1. wah mantap juga ya gan, makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  2. Reomendet seler di kaskus idnya apa mas
    Dah nyoba di klx, kalo di pake di dalam kota kelewat responsif/galak, harus gas pol rem pol, wakakaka
    Jadi agak kerepotan
    Thx info produknya, sangat informatif
    Pengen nyoba yang 26 katanya lebih smooth
    Salam

    BalasHapus
  3. keep blogging moga jadi info yang berguna,,

    BalasHapus
  4. tetep semangat dan sukses trus,,

    BalasHapus
  5. penasaran juga nih pengen tau mana yang lebih bagus,,

    BalasHapus
  6. jadi pengen nyoba juga,,yang larinya ngacir ini,,

    BalasHapus
  7. mantab bang infonya.... kbetulan FU ane sering macet ni skepnya, rencananya mau nyoba ganti karbu,tks...

    BalasHapus
  8. mantab bang infonya.... kbetulan FU ane sering macet ni skepnya, rencananya mau nyoba ganti karbu,tks...

    BalasHapus
  9. jadi PJ sma MJ nya ukuran itu ya gan ..?
    ane belum ketemu jadi brebet hehe
    thanks dah :)

    BalasHapus
  10. Satria sy kok boros bnget? Pdhal br dservis

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan di bawa geber mas (di bawa kebut dengan gas paksa)..
      pakai karbu apa mas ??

      Hapus
    2. Kalo motor kenceng boros itu wajar gan...

      Hapus
  11. pernah saya pakai 28RXking , motor saya keadaan standar tapi pas pake karbu 28rxking udah bisa putus ninjaR standar

    BalasHapus
  12. Pakai Keihin PE28 Lebih irit tentunya dari karbu RX-King namun ferporma kekencangan motor lebih berarah ke karbu king :)

    BalasHapus