Komputer-Komputer Peliharaan

Kalo dulu saya pernah memposting tentang beberapa handphone yang pernah saya pake, sekarang saya mencoba merefresh ingatan tentang komputer yang pernah saya peke.  Saya termasuk yang relatif jarang ganti-ganti komputer. Paling banter ya upgrade hardware dan OS. Selama komputer masih sanggup digeber melayani nafsu ya gak ganti... tapi kalo hasrat berkomputer sudah gak tersalurkan dengan lancar ya terpaksa harus dicerai dan ganti yang lebih hot dan menggairahkan. Tentunya dengan syarat ketentuan berlaku.

Pertama saya pake komputer waktu SMP kelas 3. Sekitar tahun 1996. Saat itu komputer bisa dikatakan barang yang langka. Komputer dapet kasih dari ortu, belinyapun juga seken dari temennya bokap. Beli seken karena memang ortu dan juga saya saat itu bener-bener buta soal komputer. Mungkin untuk masuk ke toko komputerpun juga takut. Saya ingat bener komputer jadul pertama saya, CPU nya warna putih, modelnya tiduran, ukurannya segede koper, Monitornya 14" bukan hitam putih tapi hijau-hitam. Casingnyapun ada kunci gemboknya. Untuk ngelihat dalemnya CPU ngebuka persis seperti buka kap mobil. Dalemannya pakai Processor  x86, belum pakai hardisk. Diskdrive ada 2 pake floppy alias disket ukuran 5 seperempat inch.  OS nya Under-DOS.  Waktu itu dibeli seharga 400an ribu.

Baru setahun pake komputer jangkrik akhirnya sudah mulai bisa bedain mana disket dan mana keset. Dengan sedikit pede akhirnya minta lagi dibeliin komputer. Lagi-lagi dibeliin yang seken. Tahun 1997, saya dapet komputer kedua saya, yang lumayan agak jadul juga kala itu. Monitor masih 14" tapi sudah yang hitam putih, bukan lagi yang ijo. CPU sudah model berdiri. Dapur pacu pake Processor 486 DXII, RAM cuma 16MB, Hardisk kalo gak salah 80MB, bukan giga lho. Trus Udah pake speaker dan ada mousenya. Disk drive cuma satu dan pake yang ukuran 3.5". Blom pake CD-ROM.  OS nya pake Windows 3.10.  Saat itu komputer seken tersebut ditebus seharga 800an.

Ditahun 1997 juga saya mulai kenal dunia internet.  Karena keseringan ke warnet yang kebanyakan pake OS Windows 95 dan ada yang pake Windows 97 saya pun teracuni. Saya putuskan untuk upgrade ke 95. Beberapa kali komputer saya coba paksa up-grade ke windows 95 tapi gagal, hahaha ternyata HD&RAM nya nggak mampu. Katrok... Akhirnya harus puas pake Windows 3.11

Bertahan kurang lebih 3 tahunan saya pake komputer 486DXII. Ditahun pertama kuliah yaitu awal tahun 2000  saya jual kumputer 486DXII dan ganti komputer lagi. Kala itu ngetrend jamannya Pentium. Saya beli pentium II 233MMX,  Monitor kolor, 14",  MoBo-nya pake yang murmer TXPRO2, Dah multimedia tapi VGA cardnya masih on board. RAM 64MB, Hardisk 10GB. OS-nya pake Windows 98. Saat itu ditebus seharga 2,5jutaan. Sempet beberapa kali ganti OS juga pake Redhat linux, debian, Windows ME. Alhamdulillah ini menjadi komputer terakhir yang dibeliin ortu.

 Buruh nyambi kuliah

Beberapa saat setelah ganti pake Pentium II 233MMX  mulai deh banyak side job. Mulai dari sekedar jasa ngetik, nginstall ulang, ngrrakitin PC, bikin design layout pamflet, poster dll dan bahkan sampai bikin website. Bikin Webnya pun sampai yang taraf perusahaan furniture yang ingin mempromosikan produknya via online. Lumayan juga hasilnya.  Hasil dari situlah mulai saya gunakan untuk upgrade dan membeli peripheral menyesuaikan kebutuhan. Upgradenya pun bertahap.. Soalnya harus ada alokasi dana buat pacaran juga.

Diawal ditahun 2005 saya berhenti menerima order job dari perusahaan-perusahaan, karena kesibukan sebagai koass sudah sangat menyita waktu. Tanpa saya sadari ternyata kondisi komputer sudah bertranformasi total. Monitor sudah 17", Processor jadi AMD 2,2GHz RAM 1 GB, Mo Bo N2U400, VGA GForce MX5000, TV tuner dan video capture, DVD RW. Casingnyapun ikutan ber-metamorfosis. Dijamannya komputer tersebut sudah lumayan ngebut, Hihihi meskipun tanpa knalpot.

Tahun 2007 saya selesai sekolah dan harus  berangkat nyangkul ke Maluku, PC tersebut dari 2007 terpaksa hanya nongkrong berdebu di kamar karena gak ada yang pake.

 delapan hari gak ada matinye...

Dari tahun 1996 saya nggak pernah lepas dari yang namanya komputer, Jadi akan serasa hampa jika berangkat nyangkul gak ada komputer. Akhirnya di 2007 sebelum berangkat ke Maluku beli Laptop juga. Setidaknya buat ngusir suntuk dan sepi di perantauan. Bukan karena  fanatik dengan AMD, tapi kebetulan saat itu yang spek-nya yahuud dan sesuai budget, akhirnya saya pilih Acer 5052. Processor AMD turion 64bit, RAM 1 Giga, ATI Radeon, wifi, blutut, DVD RW. So cukup worthed-lah untuk 6,5juta.  Alhamdulillah sampe sekarang belum ada masalah yang berarti dengan si Acer, padahal pemakaiannya digeber habis-habisan. Bahkan kalo pas lagi dirumah tak jarang lebih dari seminggu laptop gak saya matiin. On terusss.... Siapa bilang AMD jelek dan gak tahan panas. Walau beberapa waktu yang lalu sempet trouble di bagian colokannya, tapi alhamdulillah sukses saya operasi sendiri. Sampe saat ini si Acer umurnya dah hampir lima tahun. Kayanya sudah saatnya harus purna tugas mendampingi saya. Tapi sampai saat ini belum nemu juga orang yang mau ngasih laptop ke saya untuk menggantikan posisi si Acer. Jadi ya sabar dulu....

Udah dulu ah, ngantuk...
Mawar... Maapin Marwan yah, ceritannya kepanjangan.. ini ceritaku mana ceritamu..????


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 19.53.00 Kategori:

4 Komen penuh makna..: