Julian Assange (Pendiri Wikileaks) Jadi Buronan Interpol

Pendiri laman WikiLeaks, Julian Assange, diduga berada di Inggris. Namun polisi Inggris tidak segera menangkap buronan Swedia itu.
Padahal, surat perintah penangkapan telah disebarkan Swedia ke ratusan negara di dunia. Demikian ungkap harian Inggris, Independent, yang juga diberitakan stasiun televisi AS, MSNBC, Rabu 1 Desember 2010.
Keberadaan Assange diketahui Kepolisian Inggris setelah pria asal Australia itu memberi alamat kontak ketika dia mendarat di negara tersebut Oktober lalu.
Beberapa pekan lalu, Pengadilan Stockholm telah mengeluarkan surat penangkapan atas Assange karena tersangkut tuduhan perkosaan, pelecehan seksual dan pemaksaan ilegal. Surat penangkapan internasional berupa red notice dikirimkan ke banyak negara.
Surat itu telah diterima oleh Badan Kejahatan Serius dan Terorganisir (SOCA), yaitu salah satu elemen strategis Kepolisian Inggris. Namun, menurut Independent, surat itu dianggap angin lalu.
Kepolisian Inggris menjelaskan bahwa sikap SOCA itu wajar. Pasalnya, pihak Swedia tidak mengajukan surat penangkapan khusus untuk kawasan Uni Eropa atau European Arrest Warrant (EAW). Kepolisian Inggris baru bisa bertindak bila muncul EAW.
Kendati demikian, kepolisian Inggris masih mencoba mengklarifikasi surat penangkapan tersebut dan menelaah kasus Assange. Apalagi, berdasarkan permintaan Swedia, Assange baru saja menjadi buronan Interpol (Organisasi Polisi Kriminal Internasional).
Pengacaranya, Mark Stephen, mengatakan bahwa tuduhan yang dialamatkan kepada kliennya tidak jelas. Assange, ujarnya, juga belum mendapat surat tuduhan secara formal dan dia menolak untuk menjawab serangkaian pertanyaan mengenai kasusnya.
Assange, pendiri WikiLeaks yang seorang mantan hacker, menghilang dari publik setelah konferensi di Jenewa, Swiss, 5 November lalu. Itu pun dia tidak menghadiri konferensi secara langsung, melainkan melalui sambungan internet.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 21.35.00 Kategori:

2 Komen penuh makna..:

  1. Great article you carved very useful and cooperative instructions. I also read you further post and also M coming back shortly for more informative and eye-catching post's.

    BalasHapus
  2. It’s my first step here and I found it’s a very nice and interesting blog. Really will support me out in frequent ways...

    BalasHapus