TIPS MENCEGAH MESIN SATRIA FU HILANG KOMPRESI, penyebab starter ngeloss nggak ada tahanan

Pernah nggak saat lagi naik satria FU santai-santai nggak kena air, nggak ada hujan, mesin nggak masalah sebelumnya tiba-tiba mati sendiri?? Dicek, bensin masih penuh,  pengapian bagus, busi masih oke dan setelah di coba untuk di kick stater ternyata nge-loss seperti nggak ada tahanan sama sekali. ringgggaaaann.... ??? inilah yang disebut mesin kehilangan kompresi.

Cara menangani motor kehilangan kompresi  bagaimana??? Santai brader,... Ada tuh di halaman sebelah... pernah saya posting kok.

Penyebabnya apa sih kok bisa hilang kompresi?? Penyebab utama alias causa primanya yaitu karena ruang bakar tidak intak alias ada kebocoran. Sehingga udara yang di kompresi oleh piston bisa meloloskan diri. Alhasil terasa ngeloss seperti tidak ada tahanan. Hal ini biasanya karena pembakaran yang tidak sempurna sehingga menghasilkan endapan karbon ( deposit carbon). Nah karbon inilah yang jika jumlahnya semakin banyak dan ada yang menempel di klep (valve) akan berakibat klep atau valve tidak bisa menutup dengan rapat dan menimbulkan celah. Nah celah inilah sebagai jalan udara untuk meloloskan diri dan terjadilah yang namanya  hilang kompresi (loss compression). faham gan...??!!

Lalu untuk mencegah supaya motor Suzuki satria F150 kita nggak terjadi hilang kompresi ada beberapa langkah yang harus dilakukan :
  1. Gunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan rekomendasi. Untuk mesin satria FU yang memiliki perbandingan kompresi diatas 10 :1 sebaiknya menggunakan BBM dengan nilai oktan (RON) diatas 90. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya knocking dan juga membuat pembakaran mendekati sempurna.
  2. Sesekali geber motor sampai rpm diatas 11000. Hal ini disinyalir bisa merontokkan carbon-carbon yang nempel di ruang bakar.
  3. Service dan Tune-up secara rutin di bengkel yang terpercaya.
  4. Bersihkan ruang bakar secara berkala di bengkel yang terpercaya.
Nah semoga step diatas bisa membuat motor suzuki satria kita  tetep dalam kondisi fit, nggak sampai kejadian hilang kompresi. Tapi kalo motor tiba-tiba kehilangan kompresi nggak perlu panik, lihat saja cara emergency mengatasinya.

Gut lak brow...!!


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 18.48.00 Kategori:

6 Komen penuh makna..: