Transportasi Ambon Masohi


Jika temans ada yang punya rencana jalan-jalan ke Masohi dan belum tahu gimana Masohi, nih coba saya kasih sedikit gambaran. Berhubung gak jago gambar jadi harap maklum kalo gak bisa ngasih gambaran yang indah permai. Yang perlu dipersiapkan kalo mau ke Masohi dan sekitarnya yaitu siap mental. Jangan kaget bila nemu harga yang kadang gak masuk akal.
 

Untuk sampai ke Masohi jika dari Ambon ada 2 alternatif jalur transportasi. Bisa lewat jalan Lintas Seram (kapal ferry) atau lewat kapal cepat . Kalo lewat jalan lintas menggunakan jalur darat kemudian penyeberangan menggunakan ferry ke Pulau seram kemudian dilanjutkan lagi jalur darat Lintas Seram. Tarifnya lebih murah, kalau tidak salah dari Ambon Kota sampai Masohi kota sekitar 75-100ribu. Waktu tempuh sekitar 6 jam, itupun tergantung antrian di kapal Ferry.

Kalau Mengunakan kapal cepat  jelas lebih mahal tetapi waktu tempuh lebih singkat, yaitu hanya sekitar 3 jam. Dari Ambon kota ke pelabuhan Tulehu menggunakan Angkot tarifnya sekitar 10-15ribu. Dari pelabuhan Tulehu (P. Ambon) ke pelabuhan Amahai (P. Seram) menggunakan kapal cepat. Untuk tiket kapal cepat ekonomi 91ribu, VIP 150ribu. Sehari cuma ada dua kali penyebrangan pagi dan sore. Sesampai di Amahai dilanjutkan dengan ojek atau angkot ke Masohi Kota, tarifnya sekitar 10-15ribu.

Sesampai di Masohi nggak perlu khawatir soal nginep. Di Masohi banyak kok penginapan dan beberapa hotel yang kelas Melati. Tarif Hotel mulai dari 200an sampai 400an ribu permalam. Hotel yang rekomended diantaranya Hotel Lulu, Hotel Lelemuku atau Hotel Isabela. Kalo versi hemat ya di penginapan saja. Beberapa penginapan yang rekomended, penginapan Arisandi dan penginapan Afsal.

Dan yang nggak kalah pentingnya kalo lagi di Masohi yaitu soal makan. Jika cacing diperut sudah demo sebaiknya segera dipenuhi tuntutannya. Untuk soal tempat makan ada beberapa pilihan di Masohi yang pernah saya coba. Silahkan lihat dan pilih sendiri sesuai selera.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 09.28.00 Kategori:

9 Komen penuh makna..:

  1. enakan pake kapal cepat
    bikin mabok
    haha..

    BalasHapus
  2. wow harus kuat mental ya syarat nya haha..

    BalasHapus
  3. jasa penerjemah bahasa arab said: wahhhh oke nih sob...bisa jadi sibolang anak pantai nih...salam kenal n sukses.thanks

    BalasHapus
  4. Wah enak ya jika bisa traveling seperti dulu, skr sudah tidak sempat. Selain waktu, juga pekerjaannya tidak dengan berkeliling Indonesia seperti dulu.

    Makasih info tentang jalur Ambon - Mahosi sob :)

    BalasHapus
  5. Woow boleh ne agan promosikan daerahnya...saya kepingin jg lah utk traveling ke daerah ambon dan masohi..salam kenal!!!

    BalasHapus