Analogi kebalik : Mobil 1500cc Kebawah Halal Premium

 Ternak Blazer...


Mobil 1500cc keatas siap-siap galau nih. Kebijakan pemerintah yang rencana akan menaikkan harga BBM per 1 April ternyata batal diganti dengan (rencana) kebijakan mengharuskan mobil 1500cc keatas harus nenggak pertamax. Memang belum final, tapi bocoran daftar mobil yang halal nenggak premium sudah muncul berserakan di dunia maya.  Mau tidak mau, bocoran tersebut membikin resah para pemilik mobil 1500cc keatas. Terlebih lagi para pemilik mobil yang blom mampu beli yang 1500cc kebawah.

Saya melihat ada ketidakadilan dari kebijakan pemerintah tersebut, jika yang digunakan sebagai parameter adalah dan hanya cc mesin saja. Ambil contoh Toyota Yaris, Rush, Honda Jazz, Freed, Nissan Juke, Grand livina, Suzuki Swift, SX4, Ertiga, VW Golf 1.4  yang harganya masih jauh diatas dompet kaum tak mampu, tahun relatif muda tapi masih halal minum premium, sementara Espass, Futura 1.6 haram . Padahal jelas-jelas harga baru mobil calon penenggak pertamax tersebut masih relatif lebih murah dari harga seken mobil-mobil penenggak premium. *Adil gak itu???

Dulu waktu memutuskan untuk beli Blazer harus puasa Senin-Kamis, Berarti kalo wajib pakai pertamax harus puasa Daud. Blazer 2200cc jelas telak untuk batasan 1500cc. Padahal jelas-jelas aturan di manual booknya tertulis You should use 88RON gasoline, arti jowone Pake bengsin yang RON 88.  Mau Premium, Pertamax maupun Keduax yang penting RON88. Kalo pemerintah tetep ngeyel 1500cc keatas pake pertamax ya terpaksa Blazer saya tuker Mazda RX 8 yang harga barunya sekitar 600an juta, tapi pake memakai rotary engine yang cc-nya cuma1300 cc. Boleh minum premium kata pemerintah... Tapi kata dealernya... Jebol tuh mobil kalo pake RON dibawah 95.

Kalo duitnya gak cukup untuk beli RX-8,  tentu bisa  dong pake Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan terdekat... Kan BBM bersubsidi untuk golongan tidak mampu.....



*Poto teman-teman BIC touring ke UK liat badak.



Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 18.39.00 Kategori:

3 Komen penuh makna..: