MENGHILANGKAN MESIN BERISIK RANTAI KETENG KENDUR, modif tension adjuster satria fu


Moto GP 2013 udah mulai start. Valentino Rossi balik lagi ke Yamaha, setelah 2 musim bersama Ducati. Marc Marquez rider muda dari Moto2 sekarang gabung ke Team Repsol Honda. Sementara ini saya masih setia dengan tunggangan musim lalu. Musim duren dan rambutan.. hehehe.  Race pertama di Losail Qatar. Para raider moto GP tentu sudah mempersiapkan diri dan motornya. 

Nggak mau kalah dengan para rider moto GP, kali ini saya juga mau nyiapin motor kesayangan juga.. Pernah saya tulis juga, kalo motor satria FU tuh rantai kecil/rantai klep/rantai keteng/rantai kamrat atau camshaft chain mudah kendor dikarenakan tension adjuster alias pengatur ketegangan sudah letoy binti lemes. Sehingga suara mesin relatif lebih berisik..
Lalu gimana solusinya??
Gampang mbro, Untuk para rider kantong tebel langsung bawa ke bengkel ganti dengan part yang baru  Beres dah... kalo gak salah harga tension adjuster sekitar 150-200ribu. Harga naek turun tergantung amal perbuatan hehehe... Sedangkan untuk versi ekonomisnya, dengan modal kunci No 8, obeng (-) untuk pasang kembali tension adjuster dan uang 10 ribu untuk ongkos tukang las insyaallah aman dan beres..  Saya dah pake cara ekonimis ini sekitar setahun dan alhamdulillah aman-aman aja...


 Kiri, Tension Adjuster ujungnya sudah di beri tambahan "daging", Sedangkan yang kanan kondisi asli dan mulus baru keluar dari bungkus.


Caranya gini mas bro....
  • Lepaskan tension adjuster yang terpasang di engine satria F150, caranya dengan melepas 2 baud pake kunci nomer 8.
  • Setelah terlepas, bawa tensioner adjuster tersebut ke tukang las, minta di tambah "daging" dengan tebel sekitar setengah centimeter. 
  • Pendekkan terlebih dahulu penonjok nya dengan memutar baud pake obeng (-) di bagian kepala tension adjuster. Ini berguna untuk memudahkan pemasangan kembali tension adjuster tersebut
  • Setelah penonjoknya memendek, saatnya pasang kembali tension adjuster ke mesin Satria FU. dan motor siap kembali masuk lintasan...
Oke... Selamat mencoba... segala resiko tanggung sendiri lho ya..
Sante ae jon, rasah mbleyer...


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 22.12.00 Kategori:

25 Komen penuh makna..:

  1. dukun digital kok bahas keteng motor..?
    mbok didigitalisasi motornya..
    haha

    BalasHapus
  2. Maklum kang, dukunne belum berlebel SNI :)

    BalasHapus
  3. wuuuih, ini khsusus buata nak motor nih!!!! xixixixixi

    BalasHapus
  4. awkawkkaw sayang ga punya FU tp tetep Nz Info gan

    mainankatunedukatif.blogspot.com

    BalasHapus
  5. wah itu cara yang sangat bagus gan ,, biar yang motor nya berisik jadi diem hehehe

    BalasHapus
  6. wah keren nih, mengutak-atik mesin motor honda satria, komentar juga ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ada yah Honda Satria... baru tahu ane... maklum nyubie

      Hapus
  7. Makasih informasinya. Sangat bermanfaat. Sekarang sudah tidak bunyi lagi.
    @ sewa mobil

    BalasHapus
  8. wah patut dicoba nih buat yang mesinnya berisik :)

    BalasHapus
  9. Makasih gan infonya !! Pass buat Motor Q ..

    BalasHapus
  10. makasih informasinya, pengen dicoba nih :)

    http://tankrank-city.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. kalo buat kampanye enak yang berisik mas wkwkw

    BalasHapus
  12. Misi gan,ane numpang tanya,satria fu saya,baru stel keteng,oke uϑaђ saya tambah daging juga kya ϑi atas,†ªpi skrg masalahnya,motor saya gas nya lambat naik,ϑan waktu lepas gas juga Gαк sekaligus turun.
    Mungkin Gαк kalo rantai keteng nya terlalu kencang?? Mohon pencerahan nya mbah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah "Lambat naik dan gas lambat turun" terjadi Saat setelah stel keteng dan tambah daging??? Kalo Iya, bisa jadi terlalu kencang...

      tapi kalo terjadi setelah beberapa waktu, bisa jadi karena karburatornya gan... Bawa ke bengkel yang ngerti betul karburator vakum...

      Hapus
    2. Gak ada cerita keteng kekencangan lambat balik gad...bahkan kalau keteng kekencangan bisa jadi gas cepet turun dan gampang mati karna seret putaran poros engkolnya

      Hapus
  13. ya setelah service top set,saya juga tambah daging di tensioner nya,tapi apa mungkin karet vakum nya yang sudah jelek ya gan?? thanks atas info nya gan,maklum pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo setelah service top set, mending balikin aja ke bengkelnya..

      Hapus
  14. mo tanya gan..satria w dh ru ganti sim n gauge na,..tp ko ad suara tek tek y xlo d gas..
    mohon solusi ny

    BalasHapus
  15. mau tanya gan,,otomatisnya udah ane ganti,motor udah di servis n udah ganti olo,, tapi kok masih bunyi tek2 pas mau hidupin motor gan,,ane tanya orang bengkel,,biasanya emang bgtu,,jd bingung ane..
    balas email ya gan zki.hidayat@gmail.com

    BalasHapus
  16. Thanks gan arrtikelnya sangat membantu gak boleh di coba ini di rumah L:D
    Yuk Gabung bersama kami http://www.rajapoker88.com/?ref=228892

    BalasHapus
  17. Waah..boleh di coba tuh bos..makasih infonya

    BalasHapus