Baru balik dari Ambon. Sekarang sudah di hutan lagi. kembali ke rutinitas biasa. Tapi belum genap seminggu ternyata sarana transportasi satu-satunya Satria FU ku trouble. Sebenernya troublenya gak parah sih. Mungkin bisa dikategorikan sepele. Yaitu cuma mesin berisik banget kalo dipanasin pagi hari. Saat kondisi mesin dingin suara klotok-klotok terdengar disisi kanan mesin, sekitar dibawah lubang PAIR. Tapi setelah mesin mencapai suhu optimal, dicoba di ajak lari ternyata performa nggak ada masalah. Masih mau digeber bahkan di tanjakan larinya masih okey.
Dasar telingaku paling gemes kalo denger suara mesin berisik plus mengingat jalur yang aku lewati setiap harinya adalah hutan belantara. Dari pada bertambah parah dan mogok ditengah hutan akhirnya aku putuskan untuk men-general check up. Satria FU ku termasuk rutin general check up, padahal jokinya nggak pernah. Boro-boro check up, cek tekanan darah saja palingan kalo pas donor darah atau gantian cek sama istri kalo pas inget.
Sepulang Puskesmas aku langsung meluncur ke Masohi. Sampe dimasohi aku langsung masuk begkel resmi Suzuki. Karena kondisi mesin panas jadinya klotok-klotok menghilang secara temporary. Aku cuma bisa menceritakan keluhanku pada sang mekanik. Mekanik awalnya menduga gara-gara kualitas bensin di tempatku yang nggak bagus, Tapi aku memberikan alibi : Larinya nggak masalah, Mesin jika sudah panas suara klotok-klotok hilang, Muncul klotok-klotok jika pagi. Kemudian yang mekanik mensuspect Truble pada Noken. Berhubung jamnya tanggung untuk bongkar motor, akhirnya mekaniknya putuskan besok pagi untuk memintaku balik lagi ke Bengkel. Jadi, Untuk sementara nginep dulu di Masohi
Keesokan harinya akan Saya Laporkan lansung dari TKP...
wah motor aku juga sama gan suka klotok-klotok begitu entah kenapa,,pas di hanatan pagi2 suaranya suka begitu,,
BalasHapusapalagi kalo di bawa ngebut knalpot nya ngebul lagi
kenapa satria mesti gitu :D
BalasHapuswah gan kalo menurut saya itu harus turun masin gan
BalasHapusitu gak bakaln juah stangsehrnya
@ All :
BalasHapusketahuan bos. Mungkin karena Rantai kampratnya boz.. Silahkan lihat postingan saya selanjutnya..
Mungkin bisa mengatasi solusinya...
your articles is inspiration for me
BalasHapusyour articles is inspiration for me gan
BalasHapussama gan motor saya juga kalo pagi bunyi klotok klotok
BalasHapusgan motor satria fu saya bunyi tek tek tek di area stang seher sangat berisik stelah saya cek setang seher bagus klaher as kruk bagus bering kecil kecil nya udh di ganti semua
BalasHapussya bingung bunyi apa itu sangatt berisik skali seher bagus baru di oper bos
rante keteng udh di ganti mangkuk kopling ga papa
ini bunyi ga biasa nya sangat keras kya ada yg beradu
emang apa aja yg menyebabkan satria fu saya bunyi tek tek tek
silusi nya gan
Lembiru gan
HapusKlu mau di sela suka bunyi kletok kletok di blok mesin.. Di area sblh kanan mesin.. Kya ada besi bertabrakan gtuh boss
BalasHapusCara mengatasinya bagai mana ia gan ?
BalasHapusSuara mesin memang sangat kasar pada awal mesin hidup, trutama saat kondisi suhu mesin dingin, tapi secara perlahan saat suhu mesin memanas atau di pake berjalan dengan jarak yg lumayan jauh, suara mesin akan auto normal???? Malu aja gitu kalo mesin dingin di dengar orang"