Bayi Naik Pesawat



Nyaman dipesawat, bayi nggak akan rewel.

"Umur berapa sih Bayi boleh ikut naik pesawat?"Pertanyaan ini sering sekali aku dengar semenjak Najwa, putri pertamakuikut PTT. Saat ikut terbang ke Maluku, Najwa anakku baru berumur 80hari. Najwa Lahir 6 Oktober 2008 dan Terbang pertama kali 25 Desember2008. Masih sangat kecil memang. Awalnya kami agak khawatir juga.. tapisetelah membaca berbagai referensi dan berkonsultasi dengan kakak-kakakkami yang telah jadi Spesialis, akhirnya yakin juga untuk membawa Najwaikut PTT.



Memang terkadang perjalanan jauh tak dapat dihindarimeskipun kita mempunyai bayi. Tentu perjalanan dengan membawa bayiharus dilakukan dengan lebih hati-hati dan terencana baik. Tentang usiasaat boleh melakukan perjalanan dengan pesawat sangat relatif, tapiuntuk usia di bawah dua minggu mungkin sebaiknya dihindari jika takterlalu perlu, meskipun tak mutlak dilarang. dari beberapa referensibelum aku temukan ketentuan batas usia yang pasti. Bahkan, di negaramaju sering terjadi bayi baru lahir yang sakit harus ditransportasimelalui udara untuk rujukan dari suatu daerah ke daerah lain yang lebihlengkap fasilitas kesehatannya. Pesawat-pesawat moderen saat inisemakin dikembangkan bagaimana seaman dan senyaman mungkin saatterbang. meskipun demikian kita tetap harus menyiapkan perlengkapan danperbekalan dengan matang.

Bikin Nyaman Bayimu
Saatmembawa bayi ikut dalam penerbangan, poin yang terpenting adalahmembuat senyaman mungkin si bayi saat dalam pesawat. Siapkan pakaianyang tebal, kaos kaki, selimut dan topi karena suhu dalam pesawatrelatif dingin. serta gunakan popok sekali pakai, dan segera ganti barujika dirasa sudah "penuh". Segala kebutuhannya perlu dilebihkan karenabisa terjadi keberangkatan pesawat ditunda atau banyak transit.kebutuhan bayi-bayi tersebut jangan dimasukkan dalam bagasi, tetapibawa masuk ke kabin. jadi telah siap bila sewaktu-waktu diperlukan.Banyak dijumpai saat dalam penerbangan mendengar tangis bayi yang takkunjung henti karena bayi tersebut tidak nyaman. hal ini bisa menggangupenumpang lain, terlebih saat perjalanan pesawat malam hari.

Jaga Tekanan Udara
Perubahan tekanan udara jelas akan terjadi saat kita berubah ketinggian. Perubahan ini terasa sangat jelas saat pesawat Landing dan take off.Perubahan tekanan tsb dampak yang paling terasa adalah terjadinyaperbedaan tekanan antara dalam telinga dan luar telinga, sehinggatelinga terasa penuh dan bila dibiarkan lama-lama akan terasa nyeri.hal dapat di atasi dengan menelan, minum, menghisap permen dll. untukanda yang membawa bayi disarankan untuk menyusui bayi anda, karenadengan menyusui akan terjadi refleks menelan dan akan menyamakanperbedaan tekanan tersebut. Saat setelah stabil mengudara, bayi tetapdisusui dengan interval waktu tertentu. misal tiap 15-30 menit.

Pemeriksaan dan Konsultasi
1atau 2 hari Sebelum melakukan penerbangan baik kiranya bagi yang kurangmemahami kesehatan khususnya kesehatan penerbangan untuk melakukankunsultasi
dan pemeriksaan bayi dengan dokter anda. Tanyakan hal-halyang kurang dimengerti. jangan lupa bagi yang bayinya kurang dari 1tahun, saya rekomendasikan untuk minta surat keterangan terbang pada dokter anda. karena ada beberapa maskapai saat pasasi boarding pass surat tersebut akan ditanyakan. Bayi anda akan tidak diperkenankan ikut terbang jika tidak dilengkapi surat tersebut.

Awak kabin bisa membantu
setiappesawat tentu dilengkapi dengan awak kabin nan gagah-gagah dancantik-cantik. mereka tidak hanya buat dipajang saja. Saat andakesulitan atau butuh bantuan, bisa minta tolong kepada mereka. mintaair panas untuk bikin susu, minta tissu jika anda lupa membawa, atausekedar minta tolong mengecilkan pendingin ruangan agar bayi anda lebihnyaman. saya yakin mereka akan dengan senang hati mambantu gunakenyamanan penerbangan.
Jadi tidak perlu khawatir lagi untukmengajak si kecil ikut dalam perjalanan udara. Dengan persiapan danperencanaan yang matang perjalanan anda akan lebih nyaman dan Bayi andaakan tetap nyaman dan aman.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 12.51.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar