Coklat dan Valentine

Tiap tanggal 14 Februari biasa di peringati Valentine Day. Acara-acara Tipi temanya Valentine. Apa sih Valentine day..?? Hari kasih sayangkah...? Binun sendiri, perasaan gak ada bedanya... tetep aja banyak Tindakan tanpa kasih sayang... malah tadi sempet liat di tipi, ditemukan seorang bayi di closet sebuah WC umum. sungguh ironis sekali. Kembali ke soal Valentine.. Kenapa Valentine identik dengan coklat?? Dan biasanya, saat Valentine Pasangan memberikan coklat. Kenapa mesti coklat??

Apa sih arti sebuah coklat?? Setahu aku nih, Coklat adalah salah satu jenis makanan/minuman yang bahan utamanya diambil dari Buah /Biji pohon coklat (Theobroma cacao) yang didalamnya mengandung zat theobromine, flavanol, kafein, Lemak dan gula, dan beberapa tambahan zat lain. Theobromin dan kafein ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Memang sih banyak artikel yang menyebutkan coklat baik untuk kesehatan. Tapi kita mesti hati-hati dan tidak terpedaya dengan "promosi" coklat tersebut. Karena coklat ada sisi negatifnya juga.. misalnya dengan makan coklat berlebih akan bisa menyebabkan kegemukan (Obese), Peningkatan Kolestrol jahat/LDL (Low Density Lipoprotein) dan Caries pada gigi.
Antioksidan yang terkandung pada coklat yaitu flavanol bisa menyebabkan warna coklat menjadi hitam dan rasanya pahit, sehingga banyak perusahaan coklat yang berusaha menghilangkan zat tersebut dari coklat. Karena selain memberikan warna yang kurang bagus , Cita rasa coklat menjadi pahit. Jika kandungan Flavonoid tersebut sudah tidak ada lagi maka coklat tersebut sudah tidak lagi mengandung antioksidan. padahal antioksidan inilah yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Jadi kita mesti mencermati... dan jangan terpedaya dengan 'manfaat coklat bagi kesehatan'.

Bagi sebagian orang ,termasuk aku, Coklat merupakan makanan yang bikin gigi sakit, ngilu, cenut-cenut gak ilang-ilang... pokoknya menyiksa deh...!! Jadi Hati-hati deh dengan coklat... dan rasa-rasanya ngasih coklat saat valentine mesti pilih-pilih deh. Niatnya baek malah nantinya menjerumuskan nantinya... Hepi valentine!!!


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 05.02.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar