Dingin gak Ngaruh

Wah Laporan kunjungan pasienku bulan Januari cukup meningkat, ini bukan berarti penghasilan akan naik lho. karena aku dan juga paramedis yang membantuku (Tya dan Ida) mendapat penghasilan dengan sistem bulanan dan tidak ada yang namanya "uang tindakan" ataupun "jasa medis" yang lain seperti pada layanan kesehatan pada umumnya... (sedikit curhat nih ye..)
Setelah aku lihat dan pelajari, ternyata peningkatan banyak dari site Opin. kenapa yah? tapi kebanyakan pasien tersebut "cuma" minta pemeriksaan tekanan darah. aneh?
Apa pengaruh dari lingkungan kerja mereka yang selalu terpapar dengan suhu dingin di cold storage tempat pengolahan udang? karena cold storage pada umumnya suhunya bisa mencapai -18 s/d -25 C, Sedangkan Standar keamanan dan keselamatan kerja suhunya 10 sampai 15 C. Hal tersebut mengelitik pikiranku.. dari pada aku menggigil penasaran Akhirnya aku putuskan untuk berusaha mencari tahu "Apa ada sih hubungan antara paparan suhu dingin dengan tekanan darah?"
Pertama cari-cari di buku, gak juga ditemukan... beberapa buku yang aku punya dan bawa ke lokasi kerja aku buka-buka. Tapi hasilnya nihil.
Kemudian aku cari lewat sanjata pamungkas... yaitu googling!!
Alhamdulillah... akhirnya dapet juga bukti ilmiah dari penelitian dari Pengajar FKM (fakultas kesehatan Masyarakat) Undip dan alumni FKM Undip. Bina Kurniawan, Daru Lestantyo dan David Triyono dalam abstarctnya menyatakan bahwa "There is no differences of blood pressure on the worker’s in systole or diastole before and after exposed to cold." yang kurang lebih arti clinical javanesse-nya "Adem ra adem podho wae tensine bozz..." Plong sudah, terjawab sudah,... berarti bisa sedikit cerita ke para karyawan/karyawati kalo perubahan tekanan darah bukan karena dinginnya cold storage tapi karena faktor lain.
Mungkin karena dimarahi pengawas, takut dipotong upah, atau belom makan hihihi.... Keep healthy...!!!

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 17.58.00 Kategori:

3 Komen penuh makna..:

  1. Nah,baiknya sebelum ditensi jg ditanya dulu,"kebelet pipis gak pak/bu?".Eit jgn salah..kebelet pipis meningkatkan tekanan darah lho. :D Betul tidak bos? :D

    BalasHapus
  2. Bandeng Presto9 Feb 2009 21.04.00

    Pabrik udang dimana ini?

    BalasHapus
  3. Ada tau hubungannya. Kalo pasiennya kedinginan, lalu dia minum kopi hangat sambil merokok..nah, itu baru tensinya naik!!

    BalasHapus