Berganti Distro

Sehari kemarin saya download salah satu distro turunan Ubuntu, Linux Mint. Ya.. Linux mint. Saya Mulai menggunakan Linux baru sekitar 1 tahun, itupun sangat-sangat terbatas. itupun sempat vakum beberapa waktu karena sering kali ada masalah dalam penggunaan linux, terutama masalah driver dari wireless card. Aku berkali-kali gonta-ganti distro Mulai dari PCLinuxOS, openSUSE 9, Pazia (Bundle dari Laptop), Ubuntu, Backtrack 3 dll. Dari berbagai distro yang pernah saya coba yang paling pas di Hati adalah ubuntu. Tapi kendalanya dari beberapa versi ubuntu, saya belum bisa berhasil instal driver wireless card baik melalui ndiswrapper maupun madwifi. Alhasil  selama aku pake ubuntu wireless gak bisa terpakai..
Suatu ketika Saya pergi ke Ambon, di ibukota proponsi Maluku itu saya mendapatkan majalah di sebuah lapak. Majalah InfoLinux, dan kebetulan ada DVD distronya yaitu Mandriva 2009. setelah coba saya instal. Dan hasilnya ... Atheroz gue dapet dikenali langsung tanpa utak atik sana sini. Akhirnya semangat linux-ku kembali berkobar.

Setelah beberapa hari menggunakan Mandriva, Akhirnya kemabli lagi ada masalah... tapi kali ini masalah bathin... Hati kecil kurang berjodoh dengan mandriva, pengennya balik lagi ke Ubuntu... Akhirnya cari-cari, Dapetlah salah satu Distro turunan Ubuntu yang telah di karuniai ndiswrapper, yaitu.. Linux Mint. Horee.. gak perlu repot-repot lagi menginstal ndiswrapper.
Aku akhirnya download dari official site langsung di Linux mint tapi berhubung koneksiku menggunakan Satelit jadi terasa lambat sekali, akhirnya aku mencari mirror lokal dan dapatlah dari Repositori milik UGM.
Aku memilih Linux Mint 5 dengan Codename Elyssa karena turunan dari Ubuntu 8.04 LTS yang konon katanya support dari ubuntu sampai dengan April 2011. dan dari beberapa rewiev menyebutkan kalo Ubuntu 8.04 tak kalah dengan versi terbaru 8.10. Versi terbarunya sebenarnya Linuxmint 6 turunan dari Ubuntu 8.10, tapi konon katanya.. search dari Google di ubuntu 8.10 banyak review yang mengungkapkan terlalu banyak trouble. jadi aku tetap memilih Elyssa dari pada Fellicia :P
oh ya Linux mint juga tersedia dalam desktop GNOME, KDE, Fluxbox maupun XFCE. Jadi siip banged deh buat para newbie seperti saya ini.. banyak tampilan pilihan desktop . Go to Linux!!

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 19.54.00 Kategori:

1 Komen penuh makna..:

  1. Linux Mint emang keren banget...saya juga sudah make lebih dari setahun...Mending beli DVD Reponya aja biar lebih gampang install sofwarenya...

    BalasHapus