Tetap Terang Cara Hemat

Beberapa hari yang lalu ada berita bahwa Dinas Bea Dan Cukai menyita ribuan Lampu Hemat Energi. Di media menyebutkan salah satu alasan penyitaan tersebut adalah tidak adanya Logo SNI pada kemasan lampu tersebut.
Menilik kata "lampu hemat energi" tentu tak lepas kaitannya dengan soal penerangan yang save-cost. Ada beberapa cara yang secara tidak langsung bisa untuk berhemat. Apa dan bagaimana?? Simak ulasan berikut :
  • Pilih lampu daya terendah yang masih "bisa diterima". Watt yang besar berarti cost yang besar pula. Menggunakan daya lampu yang lebih rendah dengan penempatan yang optimal akan lebih efisien dibanding menggunakan daya yang lebih tinggi namun penempatan yang kurang tepat.
  • Hindari Pemasangan Bohlam Secara ganda karena tidak efisien. dari sebuah sumber disebutkan enam buah bohlam 25 watt akan sebanding dengan sebuah bohlam 100 watt, tentunya dengan type dan merek yang sama.
  • Jangan Menggunakan/memasang dudukan yang bisa menutupi cahaya lampu itu sendiri.
  • Gunakan lampu TL atau CFL(Compact Flourecent Lamp) dan hindari lampu pijar. Karena lampu pijar kurang efisien, banyak energi yang di konfersi menjadi panas dari pada cahaya. dan lampu TL lebih tahan lama 15 kali lipat dari lapur pijar biasa.
  • Matikanlah lampu jika tidak digunakan, gunakan secara bijak. meskipun frekuensi Nyala-mati yang terlalu sering tetap harus dihindari.
Dengan mengikuti tips sederhana diatas tentu akan membuat penghematan untuk pengeluaran biaya listrik. selain itu do little thing for our earth tentunya... dengan penghematan listriksecara tidak langsung tentunya akan menyelamatkan bumi kita juga...  Smoga bermanfaat...

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 19.34.00 Kategori:

8 Komen penuh makna..:

  1. Let's Go Green!
    Kita harus mulai hemat energi dari sekarang. Aku denger cerita dari teman di Muara Teweh (Kalimantan), setiap hari mati lampu, kasihan khan... Sementara yang di Pulau Jawa malah boros listrik.

    BalasHapus
  2. Mau nanya nih, Memang penghematan dengan menggunakan saran yang diberikan di atas seberapa besar sih? Kalo memang mau hemat dan cinta lingkungan mending membuat produk yang cinta lingkungan. contoh produk yang cinta lingkungan dapat dilihat di MY BLOG

    BalasHapus
  3. Tips yang menarik sih.. Selama listrik dari PLN ga mati terus.. heheheh
    Thanks buat infonya

    Heru
    http://siheyu.info

    BalasHapus
  4. Thanks for sharing your opinion.I am very pleased to read after this superb blog.

    BalasHapus
  5. banyak sekali sih sebenarnya pos listrik di rumah yang bisa dimatikan ketika tidak diperlukan , misal , lampu kamar mandi , lampu kamar kecil yang tak diapakai, masalah charger dan berbagai hal lainnya. But permasalahannya bukanlah di penghematan listrik , seharusnya pln bisa mensupply semua kebutuhan listrik rakyat :)

    BalasHapus
  6. ga cuma matiin lampu gan, semua peralatan elektronik yg sedang ga di pake sebaiknya juga di matikan dg posisi "power off". jgn di biarkan dg posisi "standby" atau di matikan dg remote kr itu masih menggunakan aliran listrik walaupun kecil.
    nice post...

    BalasHapus
  7. "selain itu do little thing for our earth tentunya..."

    mbah dukun terbyata peduli juga terhadap lingkungan :D

    BalasHapus
  8. ternyata banyak hal-hal kecil yg dpt kita lakukan utk hemat energi & menyelamatkan bumi kita ini ya, mbah!

    BalasHapus