Sirkuit Arara - Saleman (Routable)

Nggak ada kesibukan yang keluar jalur, masing-masing masih berjalan sesuai "rel" nya. Ya,Sebuah Rutinitas kerja. Sebenarnya aku termasuk orang yang nggak suka dengan rutinitas. tapi mau gimana lagi, situasi dan kondisi yang menuntutku dengan vonis : menjalani rutinitas. Kadang untuk menghilangkan "kesan" rutin, tak jarang aku melakukan hal-hal yang di anggap kurang kerjaan. Bahkan menurut sebagian orang, hal itu sungguh tak lazim.

Kali ini untuk membunuh waktu dan menghindar dari rutinitas, aku iseng-iseng mencoba belajar membuat peta GPS. Project pertama saya adalah Sirkuit Arara-Saleman. Perjalanan dari tempat tinggalku di Arara ke Puskesmas Saleman. Jalurnya sepanjang 75,8 Km, waktu tempuh sekitar 2 jam. jadi kalo Pulang pergi sekitar 150km sih. Lumayan. Track yang dilalui, kanan-kiri tebing dan jurang, pepohonan rimbun, panorama Gunung Binaya. Kurang lebih 90% jalur aku lalui adalah daerah hutan dari Taman nasional Manusela. Jadi gak heran kalo dijalan ketemu babi hutan, rusa, burung elang, Kasuari yang sedang nongkrong dipinggir jalan.

Terus terang proses membuat peta tidak semudah yang saya bayangkan. Berhubung banyak kendala akhirnya dengan bermodalkan nekat dan Semangat, aku bergabung Navigasi dot net (Navnet). Karena di Navnet banyak pengguna GPS dan para suhu berkumpul. jadi aku berharap bisa dapet pemecahan di navnet. Karena aku masih nubie banged untuk urusan GPS, jadi masih dalam tahap menimba ilmu per-GPS-an dulu. Tugas nubie adalah : Memantau forum, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, mendownload software yang diperlukan, mempraktekkan dan jika ada kesulitan barulah bertanya ke para suhu GPS.

Kenapa aku nggak instan saja bertanya ke para suhu-suhu di navnet? bukannya lebih praktis? Tanpa susah-susah bolak-balik halaman, tanpa susah-susah googling, Browsing, sampe jengking-jengking.
Ada sebuah pepatah "Malu bertanya sesat dijalan" kelanjutan dalam "versi guyon"-nya "Banyak bertanya (hal gak mutu), memalukan". Meskipun dalam "versi guyon",
Pepatah tersebut bisa memberikan sedikit alasan kenapa saya nggak ngambil cara yang lebih instan. Idealnya sebelum bertanya mengenai suatu topik, tentunya kita harus mengenali dulu topik tersebut, kita sudah mencari tahu, menggali informasi tentang topik tersebut. Setelah semuanya mentok, barulah kita bertanya. that's imho.

Banyak kendala jika kita ingin maju. begitu pun dengan tekadku belajar membuat Peta GPS. kendala selalu ada. salah satu Kendala yaitu Handheld GPS. Aku nggak punya GPS yang bener bener GPS. Untunglah HP Bakpia E71 dah tertanam GPS. Memang sih GPS yang di Bakpia E71 pake GPRS alias pulsa, jadi kalo di aktifkan GPS nya pulsanya juga kepakai. Setelah browsing, googling sampe jengking akhirnya E71 dah bisa di garmin kan. Sehingga bisa ber GPS ria dengan E71 tanpa menggunakan pulsa. Kendala yang lain adalah aku mesti berkali-kali membuat tracklog perjalanan ke Puskesmas, karena jalur yang dilalui adalah daerah yang rimbun pepohonan, dibawah tebing yang tinggi sehingga mbak Garminawati sering ngomel "lost satelite reception". Setiap perjalanan pasti ada bolong-bolong tracklog-nya. Namun Alhamdulillah, setelah berkali kali mondar-mandir  peta Arara-Saleman dah lumayan. Rencana kedepan akan saya perluas hingga ke wahai, dan Untuk sebagian peta tersebut sudah saya upload ke navnet, Kita tunggu saja pengembangannya dari para pengembang peta. moga di edisi kedepan, seram utara bisa masuk.

Ngomong-ngomong Sony laksono kok bisa sampe Makau, pake peta gak ya??


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 10.43.00 Kategori:

21 Komen penuh makna..:

  1. weeeees pertamaxx mantap juga gan infonya,, terima kasih banyak gan

    BalasHapus
  2. nice. . ^_^
    don't 4geth come to me :http://aboutwindowsall.blogspot.com/

    good luck. .

    BalasHapus
  3. Sirkuitnya unik banyak tikungan tajam..., bisa2 sering terjadi kecelakaan

    BalasHapus
  4. Your site makes me crazy about all this online stuff like pictures, articles, everything you are publishing in your site. Without wasting any time I am going to create a blog or a website for myself too. I just do not know the right way to do so, but I hope I will find out soon in google search.

    BalasHapus
  5. terima kasih gan buat infonya,,
    langsung aja ke tkp

    BalasHapus
  6. aku salut sama perjuangan anda.semoga sukses dan maju terus.
    makasih ulasannya.

    BalasHapus
  7. salut gue,
    terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  8. Wah, metain wilayah sendiri nih

    BalasHapus
  9. terima kasih gan buat infonya,
    sukses selalu aja,,

    BalasHapus
  10. terimakasih buat infonya
    semoga tetap sukses

    BalasHapus
  11. tapi hasilnya keren,mantap gan maju terus...

    BalasHapus
  12. wes blog ini makin keren aja nih,,
    terima kasih gan,,'
    langsung aja ke tkp

    BalasHapus
  13. Mantap ne rutenya... di tunggu updatenya lagi..

    BalasHapus
  14. I have seen many blogs in google search and I am thinking to create a blog for me also. I just have read the article in some sites to create such thing but in vain. I am not getting it easily. Going to ask one of my friends :)

    BalasHapus
  15. your articles is inspiration for me

    BalasHapus
  16. your articles is inspiration for me otw

    BalasHapus
  17. It is fortunate being on your site as I was one time in search of such articles in google search. This large search engines drives me to your site and pal I must say your site is nice in look also with the substance you updated.

    BalasHapus
  18. I think about thanking the blogger very much not only for this post excluding also for his all preceding efforts. I found "insert your blog URL here" to be greatly striking. I will be coming back soon.

    BalasHapus
  19. I think about thanking the blogger very much not only for this post excluding also for his all preceding efforts. I found "insert your blog URL here" to be greatly striking. I will be coming back soon.

    BalasHapus