Laptop Berekor (Tail Connector)

Setelah 3 hari 2 malam Laptop perang saya rawat inap di Acer solo, Nggak tahu bagaimana nasibnya. Entah mau diganti part-nya, dikanibalkan, dipijat atau bahkan dibantingpun saya ikhlas. Yang penting laptopnya bisa jadi dan bisa digunakan lagi.

Pagi hari di hari ketiga, saya dapet telpon dari mbak-mbak Acer.
"Mas ini dari Acer Solo, Mas yang service laptop dengan keluhan konektornya patah yah?"
"iya mbak, bagimana nasibnya mbak?"
"Laptop sudah dibongkar sama teknisinya tapi tidak bisa diperbaiki mas"
Busyet, dalam hati saya kecewa. Laptop dah tamat nih riwayatnya. Acer yang bikin laptop saja udah angkat tangan, Apalagi orang lain?? Yang lebih bikin kecewa adalah saya harus bayar 160 ribu nih. Karena kesepakatan kemarin jasa reparasi 160ribu. Sudah laptop tamat riwayat, keluar duit lagi.... Ibarat pepetah sudah jatuh tertimpa leptop...

"Lalu gimana mbak? Gak bisa diakali mbak?"
"Gini Mas, Itu laptopnya harus ganti board power. tapi untuk seri 5052 sudah tidak produksi lagi, jadi maaf nggak bisa diperbaiki"
"oh gitu, lalu saya kena cas berapa mbak"
"Nggak kena cas mas"
"Oh gitu yah, oke deh nanti saya ambil"
Alhamdulliah, akhirnya laptop saya bisa keluar hari ini tanpa keluar uang. Coba mbaknya hari itu nggak telpon saya, pasti hari itu juga, bagaimanapun kondisinya laptop tetap akan saya ambil paksa.Karena  esok harinya saya harus terbang ke Ambon untuk kembali bertugas. Dan pengambilan paksa itu berarti saya melakukan Cancelation yang artinya saya harus bayar fee sesuai kesepakatan sebesar 88ribu perak.

Setelah laptop keluar dari Acer, saya putar otak agar laptop tetap bisa digunakan untuk perang lagi. Sambil nyetir pelan-pelan saya akhirnya dapet inpirasi. Saya mapir ke toko elektro. Beli Konektor+Jack, Solder dan tenol. 
Dengan bermodalkan sedikit pengalaman nyolder, secuil pengetahuan tentang setrum, dan segunung kenekadan akhirnya leptop dibongkar. Konektor laptop pada masing-masing kutub di sambungkan kabel. Ujung Kabel yang lain disambungkan dengan Konektor female. Jadi sekarang laptop dah mempunyai ekor, dengan ujungnya terdapat konektor. 
 
Giliran adaptor yang di jamah, Berhubung jack asli tidak cocok dengan konektor buatan akhirnya jack asli dipensiunkan dan diganti dengan jack male pasangan konektor male yang baru. Kemudian diperiksa pake AVO, apakah ada hubungan pendek alias konsleting. 
Setelah dirasa clear kemudian langsung dites.. Kedua konector baik lanangan maupun wedokanne  disambungkan. Dan Laptop dinyalakan , alhasil....  Mission Acomplished...Laptop siap tempur kembali.



Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 11.23.00 Kategori:

10 Komen penuh makna..:

  1. Kreatif Bnget,,,,
    bisa ditiru nekdnya....
    hehehehe

    BalasHapus
  2. wah mantap lagi tuh laptopnya, makasih ya gan selamta, selamat tempur ke ambon

    BalasHapus
  3. Ikut mencaci, ah! hehehe...
    Kreatif juga, tuh!
    Memang nek cah nekat, biasane kreatif. :)

    BalasHapus
  4. You are very keatif and talented. I do not know what Acer will do if they read this article.

    BalasHapus
  5. wah keren tuh bisa benerin laptop yang tukang sevisnya juga udah angkat tangan,,,bisa jadi punya bakat jadi tukang service tuh,,,ada minat ga buat kesitu,,,lumayan juga,,heeheee

    BalasHapus
  6. lumayan tuh 160rb nya melayang mana laptop nya ga bisa bener lagi,,,,tapi hebat nih ,acungan jempol deh buat masnya,,bisa kreativ benerin laptop yang udah rusak itu,,

    BalasHapus