Kode pada Pelek - The De Velg Code


 Photo dapet ambil dari mbah gugel

Saat lagi di Puskesmas Saleman Maluku (bukan Sleman) saat lagi nyalain melototi si Samsul Galaxy tab. Eh ada email dari temen di milis yang tulisannya kira-kira begini
Om moderator.. saya numpang lapak ya..
Dijual : 4pcs Velg JRD 15x8.5" ET -25 pcd 6x139.7 (untuk Blazer pastiny)
Kondisi : velg seken, bekas dipake kebo saya, gak mulus2 banget, lecet wajar dikit aja..
Katany sih velg Jerman.. soalny ada cetakan "GERMANY" dibagian dalamny..
Harga : gak tau.. jd kalo ada yg minat coba tawar aja.. siapa tau cocok..
Bagi yang dah mafhum dengan kode-kode angka pelek diatas silahkan simak dan mengkoreksi. Kalo bosen ya kuit aja. Kalo yang gak ngerti boleh dilanjutkan baca. Tapi ingat, penjelasan ini bukan oleh pakar Velg lho ya.. coz mbedain mana karburator mana radiator aja masih salah salah mlulu..hehehe..

Velg JRD 15x8.5" ET -25 PCD 6x139.7
15x8,5" = Diameter pelek 15" dan Lebar (Jarak antara sisi luar sampai sisi dalam pelek) 8,5"
ET -25
= Offset pelek -25 mm. Offset menunjukan jarak penampang dudukan baut as roda terhadap bagian tengah (centerline) velg. Jika Nilainya offset negatif, maka jari-jari pelek akan menjorok kedalam dan terkesan ndlesep, dan jika ban dipasang ke mobil maka akan kelihatan "keluar" dari fender. Jika nilainya offset positip akan berlaku sebaliknya. Biar lebih jelas silahkan liat gambar. Ohya ET disini singkatan dari apa, saya nggak tahu.



PCD 6x139.7 = PCD ( pitch circle diameter)  adalah ukuran yang berkaitan dengan diameter pola baut roda.  Jadi untuk PCD 6x139.7 artinya pelek tersebut punya jumlah lubang baut sebanyak 6 buah dan mempunyai diameter lingkaran pola baut roda 139.7mm.


Gimana dah faham blom???
Maap kalo penjelasaan diatas kurang detail dan kurang teknis. Jangankan mau ngejelasin mendetail soal pelek, soal pilek saja masih bingung... Ohya kalo mo tanya-tanya lebih jauh tentang opset dan pisidi jangan ke pemain bola atau tukang serpis tipi yah.. dijamin penjelasannya akan beda banget.




Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 19.44.00 Kategori:

10 Komen penuh makna..:

  1. ini komen perdana..
    o ya,kebetulan velg sepeda ane sudah karatan,kompateble gk sih??! ha..ha..2x

    dari-blog SEPUTAR INTERNET

    BalasHapus
  2. Gambar yg diatas kayaknya ane kenal deh...kunjungi balik ya, oabt anti kanker no.1 di Jepang super lutein

    BalasHapus
  3. gambarnya pok nori tuh...he, sip deh

    BalasHapus
  4. Haaa... blongger.... Jadikanlaah.. Rubrik ini utk berbagi info.. Sample:.. Masalah velg... Atau yg tidak kita tau... Setuju??...

    BalasHapus