Apa sih Pagerank ?

Anda pasti bertanya-tanya apa itu pagerank ? untuk apa gunanya?? Pagerank tidak jauh-jauh dari yang namanya Search Engine Google, karena jika semakin tinggi pagerank Anda maka Google pun akan mengganggap web anda penting .

karena PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya.

Cara kerjanya yaitu: Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Semakin besar angkanya, semakin penting/populer situs tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahui pagerank sebuah situs?? gampang saja.. tinggal masukkan saja URL situs tersebut ke situs penyedia layanan Pengecekkan PR antara lain:
  1. www.prchecker.info
  2. www.mypagerank.net
  3. www.checkpagerank.net
dan masih banyak lagi. Setelah kita tahu PR kita, Lalu bagaimana cara agar pagerank kita meningkat?? kalo secara teori SEO, referensi yang saya baca , beberapa pendapat antara lain :
  1. Update blog anda sesering mungkin.
  2. Lakukan blogwalking, dan tinggalkan jejak dengan menulis komentar.
  3. Buatlah satu tulisan yang spektakuler, yang bakal banyak diminati oleh pembacanya, jangan terlalu panjang juga tapi jangan terlalu singkat juga.
  4. Perbanyak Backlink, dan hindari brokenlink.
  5. Hindari link-link ke program-program Pay to review, karena pengalaman aku sendiri pernah kena penalty PR jadi 0.
  6. Rajinlah Shalat dan berdo’a, karena peringkat pada blog hanyalah peringkat berdasarkan mesin yang dikerjakan oleh manusia juga, tapi peringkat yang paling tinggi adalah menjadi orang yang baik dan mulia di mata Allah, itulah peringkat yang sebenarnya hehehe.
Itu sekilas gambaran cara-cara meningkatkan Pagerank secara wajar dan rasional yang diambil dari berbagai sumber. Kenapa saya sebut wajar dan rasional?? karena selain cara itu ada cara alternatif agar pagerank "berubah" tapi tidak wajar dan irrasional seperti postingan saya kemarin-kemarin.



Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 00.16.00 Kategori:

7 Komen penuh makna..:

  1. Salam kenal bos..
    Artikel nya sangat mencerahkan..
    Benar bos.. nilai pagerank yang sesungguhnya adalah yang diperoleh secara alami ( rasional) sebagaimana yang bos uraikan. Marilah kita berlomba meningkatkan pagerank web/blog kita tetapi juga jangan lupa meniningkatkan rank kita dihadapan ALLAH SWT dengan selalu taat pada perintahNya. Semoga kita menjadi hamba yang selalu bersyukur atas rahmatNya.

    BalasHapus
  2. @ hamasale : Thanks. Iya benar banget pak. Yang penting malah justru rank kita di hadapan Allah.

    BalasHapus
  3. maksih atas infonya tp yang palin utama itu di no 6

    BalasHapus
  4. Info yang menarik. Sangat membantu :D
    Thanks bos sharenya..

    BalasHapus
  5. PR 0 dihadapan Allah SWT memang lebih berbahaya pak !

    BalasHapus