Setting Futaba 6exhp Untuk Trex 450 SE v2

Kurang lebih setahun yang lalu aku beli Heli Align Trex 450 SE V2. Second sih... ganti punya teman di Solo. Saat itu aku beli via online alias chatting via YM dari Maluku.  Setelah nego yang cukup alot...*emange Empal tjap Sandal....  dapet deh Align Trex 450 Se V2, Gyro Futaba GY401, Servo rudder Futaba S9257, dan Cyclic servo 3 buah Hitec HS 65HB dengan Aluminium Case dan setumpuk spare part, bahkan training kit dan batre lippo 3 biji. pokoknya tinggal pasang Transmiter (Tx) dan Receiver (Rx), setting sedikit dah langsung Hover deh...Kebetulan aku dah ada Tx Futaba 6exhp, 6ch saja.

Perkiraanku harga normalnya heli plus part tersebut bisa mencapai 10jutaan lebih. Tapi beruntung banged aku dapet dengan harga yang relatip murah lah... Apalagi part-nya metal semua, Gyro yang Head lock banget. untuk Heli 6 channel, Aku masih dalam tahap belajar. Meski Sebelumnya sudah ada sih heli 4 channel Coaxial, Esky V3 Lama.

Ohya untuk kalangan pe-hobby Aeromodelling Trex 450 termasuk heli yang diidamkan lho. Gak tau alesannya napa?? So aku ikut-ikut kena racun meminang Trex ini..

Setelah barang dikirim kerumah, aku cuekin hampir setahun... hehehe kalo Pacar so pasti dah ngomel-ngomel n diputus tuh kalo dicuekin hampir 1 tahun.
 
Pesan mbah Dukun:
"Rajin Ibadah dan Tingkatkan terus. Jangan melupakan Hobby aeromodelling Helicopter yang sungguh mengasikkan. Dan jangan cuekin istri dan anakmu, Karena istri dan anak adalah anugrah Allah. Amin.... "

Baru setelah setahun heli saya cuekin dirumah, muali dah pembongkaran dan penyetingan dijalankan. Pertama dilakukan adalah pemasangan Rx dan perapian cable. Setelah kelar pemasangan Rx tersebut langsung dilakukan penyetingan Tx. Penyetingan Tx tersebut banyak kendala, maklum autodidak. Antara lain Pemasangan Receiver, Setting gerakan servo dan Swashplate. Akhirnya setelah browsing dapatlah setingan Tx yang pas menurut gue.
Berikut ini Setingan Tx Futaba 6EXHP untuk Trex 450 Se V2 :
  • PULS : PCM
  • REVR : 3, 4 Dan 6 yang lain Normal
  • D/R : 1,2 dan 4 100% Semua
  • EXPO : 1,2 dan4 0% Semua
  • EPA : 100% semua
  • TRIM : 0 semua
  • N-TH : 1=0%  2=25%  3=50%  4=70%  5=100%
  • N-PI : 1=0%   2=25%  3=55%  4=80%  5=100%
  • I-TH : 1=0%  2=25%  3=50%  4=70%  5=100%
  • I-PI : 1=0%  2=25%  3=50%  4=70%  5=100%
  • HOLD : 40%
  • REVO : INH
  • GYRO : 0%
  • SWSH : 3S  A=-50%  E=50%  P=50%
  • F/S : Semua 0 kecuali ch3=20%
Setingan diatas tidaklah patokan yang Fixed, sehingga dapat diubah-ubah disesuaikan dengan karakter heli, pilot dan kondisi psikologis... hehehe.




Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 18.45.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar