Modus ATM Skimming

Akhir-akhir ini lagi marak-maraknya diberitakan tentang pembobolan ATM nasabah bank. Banyak uang para nasabah yang tersimpan direkening lenyap di ganyang para pembobol ATM.  Sebenarnya modus pembobolan ATM ini sudah termasuk cara lama yaitu dengan cara mengunakan ATM Skimmer dan Mini Kamera yang dipasang pada mesin ATM oleh sipelaku.
Prinsip kejahatanya sebenarnya cukup simpel, Dengan ATM Skimmer pelaku bisa membaca data pada kartu ATM, sehingga pelaku bisa membikin duplikatnya, dan dengan mini kamera sipelaku bisa mengetahui PIN yang dimasukkan oleh korban.  Setelah memiliki duplikat kartu ATM dan PIN otomatis pelaku dengan leluasa bisa menarik sejumlah uang dari rekening Korban.
Perhatikan ilustrasi yang saya ambil dari www.krebonsecurity.com dibawah ini:

  1. Slot pembaca kartu ATM yang ada pada mesin ATM sebelum dipasangi skimmer.(gambar bawah)



  2. Bentuk skimmer yang dirakit oleh pelaku. Termasuk kejahatan yang cukup profesional, perhatikan bagaimana sebuah rangkaian elektronik yang relatif besar bisa menempel pada "cover" slot kartu mesin ATM. Bahkan dilaporkan rangkaian tersebut dirakit dari MP3 Player lho...


    Tampak belakang (Tanda panah merah) terlihat rangkaian Skimmer yang telah dipasangi juga dengan mini kemera yang dirancang sedemikian rupa, sehingga otomatis akan menyala dan merekam PIN yang dimasukkan oleh korban jika kartu ATM masuk melewati skimmer tersebut.
  3. Skimmer yang dipasang menempel pada mesin ATM dan terlihat seolah-olah tidak ada kejanggalan.



Lalu bagi para pengguna ATM, nggak perlu khawatir berlebih. Silahkan baca tips rahasia menghindari kejahatan ATM Skimmer Selain itu dengan memahami cara kerja ATM Skimmer kita jadi lebih memahami bagaimana pelaku akan memangsa korban sehingga kita bisa terhindar dari kejahatan tsb.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 19.36.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar