AGAR BEARING LEBIH AWET Yang menyebabkan laher rusak

Bearing yang umumnya ada di Roda Satria FU kita mampu tahan lama dan tidak cepat terkikis syaratnya tergantung perlakukan. Berikut beberapa penyebab kerusakan laher yang paling sering:  
Pemasangan Salah
Pemasangan salah penyebab cepat rusak. Pukulan yang tidak seirama pada cincin luar dan dalam, clearance yang dimiliki laher tidak lagi rata. Sehingga bola-bola yang mestinya bergelinding ideal, jadi rusak lantaran gesekan nggak seirama.
Kurang Pelumas
Pelumas diperlukan untuk meredam panas dan gesekan. "Pastikan yang berkualitas. Khusus laher di dalam mesin, kudu lebih teliti lagi saat mengganti oli. Sebab geram (serbuk Besi) pada oli bekas memperpendek usia laher
Beban Awal Berlebih
Hati-hati kala membeli laher (bearing) baru. Pastikan ukuran atau kode yang tertera di cincin laher. "Sebab bila salah, terjadi beban awal berlebih sangat mungkin lantaran ketika pasang dipaksakan.
Jalan Berlubang
Trek yang dilalui berlubang beban yang diterima roda dan berpusat di laher. Makanya untuk meminimalkan laher rusak, caranya cuma hati-hati memilih jalur yang tepat. Kalau tidak sempat, ganti laher baru lebih awal guna menghindari dudukan laher yang cepat oblak.  
Geram, Kotoran atau Air
Khusus laher yang di luar mesin. Biar tidak cepat dihingapi debu, geram(serbuk besi) dan air, pastikan laher yang dipakai tertutup pelat besi atau karet. Laher yang dilindungi sil jangan lupa dipasang dan hindari debu atau air. 
Beban Berlebih
Kalau beban putar berlebihan, ditambah bobot yang harus ditopang tidak sesuai kekuatan laher, wajar bila bantalan gelinding cepat rusak. "Makanya disarankan pilih ukuran laher sesuai kodenya" 

Dikutip dari http://www.honda-cs1.com/ Semoga bermanfaat...

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 14.48.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar