BONGKAR RUANG BAKAR SATRIA FU, laporan langsung dari beres suzuki masohi

Menyambung tulisan klotok-klotok kemarin. Pagi jam 9 saya ke Bengkel. Berhubung mekanik yang janjian kemarin belaum ada, Saya menemui mekanik lain di bengkel tsb.
"Boz kemarin sore saya ke Sini tapi ketemu sama pak X. nih motor bunyi klotok-klotok kalo dipanasi di pagi hari, tapi larinya nggak masalah. Masih yahuud. Katanya kemungkinan noken-as nya"
Si Mekanik langsung start engine, suara klotok-klotok nggak muncul. Coba gas-gas, setelah gas di turunkan klotok-klotok berbunyi. Spontan Si mekanik tanya ke saya:
"kaya begini?"
"yup. itu dia.."
"Oh ini rantai kecil" rantai kecil istilah yang populer dikalangan mekanik Indonesia Timur untuk rantai kemprat. 
"Lho baru sekitar 10an ribu kilo yang lalu saya ganti rantai kecilnya"
"Baru ganti yah?"
"iya"
"berarti palingan penonjoknya yang menekan rantainya"

Solusinya cuma buka baut penonjoknya, dibikinin daging tambahan dengan cara mengelas di ujungnya, sekitar 0,5-1cm dengan tujuan jarak tekannya semakin jauh. Sehingga lemahnya per penekan rantai dapat terkoreksi. ini sekadar analisis otakku yang nggak pernah makan bangku sekolah Tehnik dan masih susah mbedain mana karburator mana Slebor.

Kerjaan untuk klotok-klotok kelar. Berhubung masih banyak waktu, akhirnya aku minta untuk Service bersihin karburator dan cuci ruang bakar, membersihkan karbon sisa pembakaran yang nggak sempurna. karbon nempel di klep-klep yang bisa berakibat menurunkan kompresi. Sehingga larinya jadi kurang yahud. Laparatomi explorasi e/c deposit carbon-pun dimulai. Dua mekanik langsung turun tangan. Fotografer nggak mau kalah. Saat pembongkaran berjalan. sempat ada beberapa trouble. Mulai Baut knalpot patah, pet klep kebalik dll. Alhamdullilah semua bisa teratasi dan Selesai.  

 
Saatnya rogoh kocek. Total jendral untuk jasa Bongkar ruang bakar (setengah mesin) plus Service Seratus ribu, dan Sil Klep yang sudah mulai getas 4 buah. Sebijinya 25 ribu kalo yang tanpa biji petik sendiri.  untung bawa uang, jadi untuk sementara nggak perlu ninggal KTP atau gadaiin HandPhone. Alhasil setelah di coba, tarikan terasa motor baru. Dan yang nggak kalah penting Suara klotok-klotok pagi hari ilang.

Hasil perhitungan tehnisnya belum ada, karena belum sempat di Dynotest dengan alasan karena emang alatnya nggak ada. Cuma di PP test saja dan hasilnya negatif. wkwkwkw...
Top speed bisa mencapai 120x kecepatan suara dan dalam waktu 37,456 detik bisa menempuh jarak 12,4 tahun cahaya. hahahaha.... *Awas, kelebon laler*



Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 10.22.00 Kategori:

32 Komen penuh makna..:

  1. keren bang]
    mantep mennnnn

    BalasHapus
  2. lumayan juga yach gan...he...he...tapi hasil tok cer...

    BalasHapus
  3. wah muncul lagi ni gan,,
    wah sekarang motornya makin keren lagi donk,, bisa pake balapan donk,,
    kita tes aja balapn yuk sama motor gue yang jadul ni,,
    wkwkwkw

    BalasHapus
  4. Keren banget ulasannya mas DD (dukun digital), kalo yang mengulas orang lain mungkin dah beda ceritanya, nggak sengakak ini... :-)

    BalasHapus
  5. menarik makasih ya ud shering. ini ni yang saya cari habisnya saya suka juga ngotak-ngatik motor

    BalasHapus
  6. wah gi mana sekarang motor nya mantap lagi ya gan??

    BalasHapus
  7. bagus ni pengalaman nya buat pelajaran ku.tks

    BalasHapus
  8. wah suatu pelajaran nich buat saya.
    thanks

    JOIN NOW at:
    http://tuentinaenstudios.com

    BalasHapus
  9. Makasih dah mampir... salam kenal...

    BalasHapus
  10. @ Goldsea Cucumber jelly:
    Wah gak jago balapan pak.. Pilih safty riding dan Aliran Standar nih motor...

    BalasHapus
  11. your articles is inspiration for me

    BalasHapus
  12. your articles is inspiration for me gan

    BalasHapus
  13. your articles is inspiration for me oyi

    BalasHapus
  14. wah, mantap kali you punya tulisan..
    sukses yaaa.

    BalasHapus
  15. salam kenal dari bandung om..
    :)
    sukses terus!!!

    BalasHapus
  16. jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
    sukses terus yaa..
    makasih.

    BalasHapus
  17. ane setuju banget sama postingan ente gan!
    mantep dahhh..

    BalasHapus
  18. widihhh..mantep banget nih tulisannya.
    keep posting sob!

    BalasHapus
  19. blogwalking...
    permisi masss....
    sukses terus...

    BalasHapus
  20. ijin main2 yah kang..
    sukses selalu...

    BalasHapus
  21. akhirnya sampe juga disini nih...
    salam kenal mas.....

    BalasHapus
  22. Nice post...
    saya setuju sama tulisan diatas..

    BalasHapus
  23. wah, tulisannya bagus nih..
    makasih yah udah sharing ke kita2...

    BalasHapus
  24. ijin buat backlink yah kang...
    nuhun ahh..
    :D

    BalasHapus
  25. Blogwalking nih mas...
    permisi yaaa..

    BalasHapus
  26. keren nih postingannya...
    sukses terus mas..
    kunjungan balik donk...

    BalasHapus
  27. tengkyu mas buat tulisannya...
    jadi nambah2 ilmu nih...

    BalasHapus
  28. Ini memang penyakit Saatria FU, saya sering nemuin kasus ini, saat masih kerja di bengkelas
    Salam kenal

    BalasHapus