Menyambung tulisan klotok-klotok kemarin. Pagi jam 9 saya ke Bengkel. Berhubung mekanik yang janjian kemarin belaum ada, Saya menemui mekanik lain di bengkel tsb.
"Boz kemarin sore saya ke Sini tapi ketemu sama pak X. nih motor bunyi klotok-klotok kalo dipanasi di pagi hari, tapi larinya nggak masalah. Masih yahuud. Katanya kemungkinan noken-as nya"
"Boz kemarin sore saya ke Sini tapi ketemu sama pak X. nih motor bunyi klotok-klotok kalo dipanasi di pagi hari, tapi larinya nggak masalah. Masih yahuud. Katanya kemungkinan noken-as nya"
Si Mekanik langsung start engine, suara klotok-klotok nggak muncul. Coba gas-gas, setelah gas di turunkan klotok-klotok berbunyi. Spontan Si mekanik tanya ke saya:
"kaya begini?""yup. itu dia.."
"Oh ini rantai kecil" rantai kecil istilah yang populer dikalangan mekanik Indonesia Timur untuk rantai kemprat.
"Lho baru sekitar 10an ribu kilo yang lalu saya ganti rantai kecilnya"
"Baru ganti yah?"
"iya"
"berarti palingan penonjoknya yang menekan rantainya"
Solusinya cuma buka baut penonjoknya, dibikinin daging tambahan dengan cara mengelas di ujungnya, sekitar 0,5-1cm dengan tujuan jarak tekannya semakin jauh. Sehingga lemahnya per penekan rantai dapat terkoreksi. ini sekadar analisis otakku yang nggak pernah makan bangku sekolah Tehnik dan masih susah mbedain mana karburator mana Slebor.
Kerjaan untuk klotok-klotok kelar. Berhubung masih banyak waktu, akhirnya aku minta untuk Service bersihin karburator dan cuci ruang bakar, membersihkan karbon sisa pembakaran yang nggak sempurna. karbon nempel di klep-klep yang bisa berakibat menurunkan kompresi. Sehingga larinya jadi kurang yahud. Laparatomi explorasi e/c deposit carbon-pun dimulai. Dua mekanik langsung turun tangan. Fotografer nggak mau kalah. Saat pembongkaran berjalan. sempat ada beberapa trouble. Mulai Baut knalpot patah, pet klep kebalik dll. Alhamdullilah semua bisa teratasi dan Selesai.
Saatnya rogoh kocek. Total jendral untuk jasa Bongkar ruang bakar (setengah mesin) plus Service Seratus ribu, dan Sil Klep yang sudah mulai getas 4 buah. Sebijinya 25 ribu kalo yang tanpa biji petik sendiri. untung bawa uang, jadi untuk sementara nggak perlu ninggal KTP atau gadaiin HandPhone. Alhasil setelah di coba, tarikan terasa motor baru. Dan yang nggak kalah penting Suara klotok-klotok pagi hari ilang.
Hasil perhitungan tehnisnya belum ada, karena belum sempat di Dynotest dengan alasan karena emang alatnya nggak ada. Cuma di PP test saja dan hasilnya negatif. wkwkwkw...
Top speed bisa mencapai 120x kecepatan suara dan dalam waktu 37,456 detik bisa menempuh jarak 12,4 tahun cahaya. hahahaha.... *Awas, kelebon laler*
keren bang]
BalasHapusmantep mennnnn
lumayan juga yach gan...he...he...tapi hasil tok cer...
BalasHapuswah muncul lagi ni gan,,
BalasHapuswah sekarang motornya makin keren lagi donk,, bisa pake balapan donk,,
kita tes aja balapn yuk sama motor gue yang jadul ni,,
wkwkwkw
Keren banget ulasannya mas DD (dukun digital), kalo yang mengulas orang lain mungkin dah beda ceritanya, nggak sengakak ini... :-)
BalasHapusmenarik makasih ya ud shering. ini ni yang saya cari habisnya saya suka juga ngotak-ngatik motor
BalasHapusKeren postingannya..
BalasHapuswah gi mana sekarang motor nya mantap lagi ya gan??
BalasHapusbagus ni pengalaman nya buat pelajaran ku.tks
BalasHapuswah suatu pelajaran nich buat saya.
BalasHapusthanks
JOIN NOW at:
http://tuentinaenstudios.com
Makasih dah mampir... salam kenal...
BalasHapus@ Goldsea Cucumber jelly:
BalasHapusWah gak jago balapan pak.. Pilih safty riding dan Aliran Standar nih motor...
your articles is inspiration for me
BalasHapusyour articles is inspiration for me gan
BalasHapusyour articles is inspiration for me oyi
BalasHapusGreat Post!
BalasHapusthanks for sharing it...
wah, mantap kali you punya tulisan..
BalasHapussukses yaaa.
salam kenal dari bandung om..
BalasHapus:)
sukses terus!!!
jangan lupa kunjungan baliknya donk bro..
BalasHapussukses terus yaa..
makasih.
ane setuju banget sama postingan ente gan!
BalasHapusmantep dahhh..
widihhh..mantep banget nih tulisannya.
BalasHapuskeep posting sob!
blogwalking...
BalasHapuspermisi masss....
sukses terus...
ijin main2 yah kang..
BalasHapussukses selalu...
akhirnya sampe juga disini nih...
BalasHapussalam kenal mas.....
Nice post...
BalasHapussaya setuju sama tulisan diatas..
wah, tulisannya bagus nih..
BalasHapusmakasih yah udah sharing ke kita2...
ijin buat backlink yah kang...
BalasHapusnuhun ahh..
:D
Blogwalking nih mas...
BalasHapuspermisi yaaa..
keren nih postingannya...
BalasHapussukses terus mas..
kunjungan balik donk...
tengkyu mas buat tulisannya...
BalasHapusjadi nambah2 ilmu nih...
mantap..
BalasHapusIni memang penyakit Saatria FU, saya sering nemuin kasus ini, saat masih kerja di bengkelas
BalasHapusSalam kenal
so sweth
BalasHapus