TUTUP BUSI PENYEBAB MESIN SATRIA FU MATI waspada busi motor kemasukan air

Apa jadinya jika Suzuki Satria F-150 gak bisa hidup lantaran kehujanan atau habis dicuci. Di starter beberapa kali, tetap gak ngefek, ogah hidup. Padahal motor masih standar, karburator sesuai standar pabrik. Kondisi motor pun sangat terawat. Servis berkala enggak lupa. Jadi apa donk yang bermasalah? Bingung? Malu juga.. masa motor keren kok pake mogok. Kejadian kayak gitu setelah motor dicuci dan  Main siram saja. akibatnya air tak diundang masuk ke tutup dan lubang busi.

Kenapa air kok bisa masuk?? Awalnya air masuk ke tutup dan busi karena jarak sasis dan kepala silinder renggang. Air mudah masuk karena celah yang renggang dan posisi mesin satria FU vertikal. Air bisa masuk dan terkumpul.. Tambahan lagi desain lubang busi di kepala silinder Satria Fu yang terdapat sumbatan kotoran sehingga air yang masuk tidak bisa keluar. Ditambah lagi celah antara kepala busi dan kabel dari Kiol sehingga air merembes dari situ.. akibatnya Api busi enggak bisa besar waktu distart. Makanya motor susah nyala.
Beberapa mekanik memberikan saran bisa aja per 8.000 km lubang busi dicek dan dibersihkan. Tapi, antisipasi dini bisa kok dilakoni. Tutup got cop busi dengan isolasi. Termasuk juga kepala busi. Cara ini cukup ampuh untuk mengobati penyakit fu susah hidup karena air.

Semoga bermanfaat, brow tambah ilmu, dukundigital tambah rame dan saya tambah pahala.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 18.40.00 Kategori:

9 Komen penuh makna..:

  1. pernah saya lakukan hal ini, tapi sama mekanik saya dilarang , kata nya isolasi bisa meleleh dan melengket ke busi , hingga akibat fatalnya busi gak bisa dicopot mesti dibubut.

    BalasHapus
  2. auto sealer lah gan.. ane dah aplikasiin ke FU ane mulus menerjang Badai Jakarta..

    BalasHapus
  3. Kalo gas berebet pada saat gas rendah, pengaruh cop businya kena air ya gan?

    BalasHapus
  4. Isolasi bisa meleleh , tpi saran ane, di lapisi lem merah aja gan.. Kalo udh kering dia macem karet jadinya..

    BalasHapus
  5. bener min gus juga pernah kayak gitu lagi mau mudik dari tangerang ke tasik, eh mogok di bogor gara2 hujan gede, awalnya bingung knp motor bisa mati padahal motor terawat bgt, gua coba iseng2 cabut tutup busi gw tiup tiupin air yang tergenang gw colokin lagi alhamdulillah nyala dan sampe juga ke tasik

    BalasHapus