Kali ini saya ingin berbagi ke Brow para FuHolic, Para penggemar Satria F 150, tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria fu yang bermesin DOHC(Double Over-head Camshaft) yang artinya memiliki 4 buah klep (valve) yang dioperasikan langsung oleh noken as. Tapi Brow, Tau gak kalo motor ini tidak dilengkapi baut setelan klep seperti motor lainnya. Padahal setelan klep motor kan sangat penting untuk performanya. Terlalu rapat ataupun terlalu renggang bisa mempengaruhi akslerasi dan speednya. Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis. Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan penyetelan klep pada satria f150.
Sebenarnya skir klep untuk motor ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan disesuaikan lagi. Dan tentunya usahakan skir menggunakan pasta yang halus saja atau juga bisa menggunakan autosol sehingga ga banyak mengikis payung klep dan valve seat. Langsung aja gimana langkah-langkahnya...
- Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas.
- Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet. hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.
- Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya.
- Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in 0.20-0.30 untuk klep ex. Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya..
- Kalo ga sesuai tinggal lepas noken asnya dan lepas rumah untuk shim. Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh.
- Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai. Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.
ContohKasus :
jika celah klep out 0.05 mm, padahal harusnya paling rapatnya 0.20 mm. Berarti celah kurang lebar 0.15mm atau shim terlampu tebal 0.15mm. Jika shim yang terpasang ukuran 1.80, maka bisa diganti ukuran 0.15mm lebih tipis.= 1.80-0.15 = 1.65mm
Jika ingin Setelan klep 0.25mm, gunakan 1.60mm
Okey... semoga bermanfaat...
Gambar dan referensi dicomot dari bengkel-online.com
Mas, kemarin saya habis ganti SIM Klep nya yang 4 biji itu.
BalasHapussetelah diganti, motor FU saya susah hidup.
seperti tidak bertenaga.
Jika mesin hendak dipanaskan waktu pagi, motor susah sekali hidupnya, setelah distarter berkali-kali atau menggunakan kick starter, tetap tidak mau.
lalu ketika mesin panas terkena air, seketika rpm gas turun, gas kosong, ketika di gas mesin lansung mati (Seperti gas kosong kehabisan minyak)
masalahnya kira-kira apakah di sim klep yang 4 biji itu mas? soalnya sebelum diganti tidak ada masalah ketika memanaskan motor.
Mungkin ukuran sim nya yang nggak tetapa kali boz...??? terlalu renggangdari ukuran standar mungkin.
Hapussebelum diganti di skir ulang dulu klepnya baru di stel shimnya,kemungkinan susah hidup kerapetan sepertinya
HapusYa kemarin saya ganti klep IN dua duanya.pas saya coba.susah hidup .oh ternyata sim ketebalan.ada 2 cara di skir atau mengganti sim yang lebih tipis.mau beuli sim ya lumayan susah.ya solusinya saya hamllas simnya dibikin tipis tp pke ukuran juga.nah saya pasang.bismilah saya coba.alhamdulilah idup dan gampang.terus saya coba bawa keluar rumah.dicoba apa ada yang aneh.tp alhamdulilah normal.malahan kompreni jadi padat.
HapusMau nanya nih penyebab klo engkolan kompresi gede tpi susah nyala itu apa ya dan nyembur dan klo di gas kga mau,solusinya gimna ya
HapusSaya jg py Satria FU :
BalasHapusMemangnya berapa lama sih sim harus diganti jika kita punya motor dari 0 (nol) km ? Karena setelah saya baca & saya cermati info diatas , ternyata Motor Satria FU , tidak dapat distel valve nya baik in maupun ex , tapi hanya bisa di cek dengan mengukur kerenggangan masing-masing valve, setelah diketahui dari hasil pengukuran tidak sesuai standar / ketentuan kita tidak bisa hanya dg menyetel nya. tapi masih harus buka nokenas dan mengganti sim yg sesuai.
Bener sekali mas bro.. Sim diganti kalo ukuran dah nggak sesuai dari range yang ditentukan... Maaf nyubie juga, maaf kalo sok tau..
HapusBuat sya sim itu cuman mengganjal tebalnya klep.jadi yang abis duluan bukan sim.tp klepnya yang tipis.jadi akibat renggangnya klep. Pas kita ganti klep baru malahan ada yang harus ganti sim yang lebih tebel.dan ada juga ganti yang lebih tipis.
Hapusms mw tanya, suatu saat dalam perjalanan tiba2 wktu sekali tarik kopling motor mogok. setelah minggir br tau klo kompresi ruang bkar ilang. bdsrkan pnglaman klo businya longgar, tp wlau sudah dirapetin ttep sj gk ada kompresi.
BalasHapusbsknya sy bw k bgkel zuzuki, stlah buka kop kuningan atas blgnya gk ada mslh. orgnya hanya mengukur kedalama masing2 klep. n ujung2nya pda klep intake klo gk salah ditambahi dudukan pelat tipis, blgnya sih untuk menyamakan ukuran kedalaman klep. memang akhirnya kompresi n tarikan lebih padet.....
yg jadi ptyaan, apakah cara di akal spti ini tetap aman untuk ukuran msein standart???
trs klo motor di buat touring SBY-BALI aman juga gk ya dari segi internal mesin???
Ya itu artinya sim di salah satu klep ada yang renggang,, Insyaallah aman kok... punya saya juga gitu... dah jalan sekitar 30ribuan kilo gak masalah.
HapusAman mas tpi tergantung pemakeannnya,,saya juga seperti itu klo shim saya sudah tipis
HapusMas, q mo txa nih. Mtr fu sya wkt gigi netral sya gas gk ad mslah, truz msk gigi truz sya gas kok gk naik gasx tp klo udh agak laju gasx kmbali normal, klo jln lmbat z ru kumat lg kya gtu. Mhon bntuanx mas bro? Trimz ya.....
BalasHapusBisa karena banyak faktor.. Bisa karena klepnya bocor/tdak rapat.. Bisa juga karena sentting udara pada karburator terlalu besar.. Dan bisa juga pulser pengapiannya sudah agak lemah
HapusMas, q mo txa nih. Mtr fu sya wkt gigi netral sya gas gk ad mslah, truz msk gigi truz sya gas kok gk naik gasx tp klo udh agak laju gasx kmbali normal, klo jln lmbat z ru kumat lg kya gtu. Mhon bntuanx mas bro? Trimz ya.....
BalasHapusCoba cek karet vakum di karburator.. jangan2 udah nggak bagus... atau bisa juga nozel karburator banyak goresan...
Hapusmau nanya ni mas...... fu saya rakitan 2008 krna sdh ngasap saya ganti ring sekalian klep... merek npp... tapi masalahnya sekarang klu motor saya di bawa laj , tepatnya gigi 6 rpm 9500 motor tiba tiba mati seperti kehabisan bensin dan di kenalpot meledak ledak.... kira kira apa masalahnya itu mas.....? mohon bantuannya.....
BalasHapusCek pengapiannya gan...
Hapusforum mantap nih.. tapi msih takut mo ngotak atik..
BalasHapusBELI SIM KLEP FU DMN BOS
BalasHapusDi Toko sparepart sepeda motor dong gan.. Masa di warungnya kong Haji mudin yang jualan jengkol hehehe..
HapusMas bro,mw tanya....Satria fu pnyaq baru 21km kok cylinder headx bunyi tek tek tek tuh knapa?Ap shimnya dah wktunya gnti ya.
BalasHapusYg pengalaman tlng kasih tw ya.Q ank surabaya.
Bisa jadi karena tension adjusternya udah mulai letoy gan.. Silahkan cek kekencangan rantai kampratnya... Silahkan baca yang ini ganMENGHILANGKAN MESIN BERISIK RANTAI KETENG KENDUR Semogga tek tek nya bisa teratasi
Hapusgak ngerti saya mas
BalasHapusSama... Tos dulu donk...
HapusMas bro,maw tanya..Satria fu pnya aku klo sudah panas mesin@ kok bunyi tok tok tok knapa ya?
BalasHapustolong info nya mas bro.,.,.,,..,?
Cek oli gan... coba pake yang kekentalan sesuai standart pabrik SAE 20w50.
HapusBro. Mau nanya. Satria saya baru 300 km tapi kenapa ya dari arah klep suka bunyi suara aneh dan dari rante keteng bunyi tektektektek
BalasHapussuara tek tek tu pas mesin dingin ato panas bro
HapusMas saya ganti shim ukuran 200 koq malah berisik mesin nya mas
BalasHapusnomor shim standar nya satria fu yang in berapa? out nya berapa gan..
BalasHapusmas bro mu nanya nih , mtr satria fu sy bunyi tek tek seperti kendor ketengnya (bising banget bunyinya), setelah sy cek ketengnya msh bagus alis msh kenceng ga kendur dan stelan ya pn sdh di ganti yg baru . kira2 itu penyakitnya apa ya ? apakah shim nya hrs di ganti ?
BalasHapusnomor shim standar nya brp mas ?
Mau tanya gan, fu ane baru ganti rantai keteng n adjuster tensioner...tapi baru sebulan udah berisik lagi...pas di cek mekaniknya blg mungkin silindernya baret. Pas ane tanya berapa biayanya bisa 2 jutaan. Nah yg ane mau tanya jika benar silindernya bermasalah/baret adalah alternatif lain yg murah dan aman spy fu ane ga berisik dan ngacir lagi...mohon bantuannya ga....Thank's
BalasHapusSaya Maw nanya mas,,,saya bru ganti klep motor fu sya mas,, pas smuax sudah di pasang motorx tdag maw bunyi sampai skarang kyak kurang kompresinya mas tlng bantuanx
BalasHapusSaya Maw nanya mas,,,saya bru ganti klep motor fu sya mas,, pas smuax sudah di pasang motorx tdag maw bunyi sampai skarang kyak kurang kompresinya mas tlng bantuanx
BalasHapusmau tanya gan . fu saya kalo panas mesin tok2 gtu. trus gak mau laju. lajunya paling 80km/jam kira2 apanya ya..
BalasHapusMaaf numpang tanya siapa tau ada yg bantu. Saya mau tanya knp ya motor saya susah hidup waktu abis ganti klep...intinya knp ya bos. Motor nyh satria fu
BalasHapuskalo ganti klep ato skir klep harus di ikuti setting ulang lagi celah kerenggangan klepnya bos supaya optimal sesuai standart pabrik
Hapusdulu pas waktu fu ane belum di skir klep suara halus, tp setelah di skir klepny suara jd kasar bgt dah gitu motor loyo g bs stasioner kadang pada saat gas di lepas langsung mati, usut punya usut ternyata si mekanik kurang teliti dalam masang shim klep IN n EX saling tukar alhasil motor g enak.. alhamdulillah sekarang dah faham cara setel kerenggangan sesuai standart pabrik
HapusCaranya gmna om
HapusMas mau nanyak ni knpa fu saya suara nya nembak2 dari carbulator
BalasHapusUdh gitu susah hidup nya
Mas mau nanyak ni knpa fu saya suara nya nembak2 dari carbulator
BalasHapusUdh gitu susah hidup nya
Mas q mau tanya dong barusan abis buka keteng trus sayang pasang kembali seperti semula tapi pas mau di nyalain ngga bisa kenapa iya mas tolong jawab mas......????
BalasHapusMas saya mau tanya, motor saya Fu thn 2010, saya baru ganti sim sama klep tp bunyi nya malah makin keras? Itu apa penyebabnya ya? Kata temen sih sim nya itu lg cari kedudukan. Tolong respon ya mas terimakasih
BalasHapusMas saya mau tanya, motor saya Fu thn 2010, saya baru ganti sim sama klep tp bunyi nya malah makin keras? Itu apa penyebabnya ya? Kata temen sih sim nya itu lg cari kedudukan. Tolong respon ya mas terimakasih
BalasHapusSatria saya kenapa yah kalau lepas gas knalpot nya meledak" sama habis ganti klep kok malah berisik bunyi tik tik tik semakin di gas semakin keras bunyi nya....
BalasHapusMas satria saya kenapa kok kalau lepas gas knalpot meltus" sama habis ganti klep kok malah bunyi tik tik tik makin di gas makin kenceng tik tik nya
BalasHapusMas saya mau nanya knapaya satria saya bunyi tik tik, klw udh jln jauh mesin panas bunyi tik tik nya makin keras,trus kdang2 mati klw mesin panas, mau hidupinnya juga susah...
BalasHapusPara suhu mohon masukan nya,sya udh ganti keteng sama tensioner tp ko di head masih bunyi tik tik tik makin di gas makin keras kira kira apanya ya?
BalasHapusMas . Motor saya kalo panas suka keluar suara ngicrik . Apanya yaaa
BalasHapusCek ketegangan tensionernya. Soalnya rantai kateng yg memuai karena panas, bisa menimbulkan ngicrik. Terutama pass tutup gass.. Cmiww
HapusMator satria fu ane udah di bengkel ane nyuruh ngilangin suara berisik klep tapi malah mati knapa ya bro
BalasHapusShim klep dudah diukur belum setelah ganti shimnya?? Karena kalok di press pakek kerenggangan 0.05 ato kalok pakek kerengganga 0.1 setelah posisi mesin panas otomatis akan muai. Kalok sudah muai otomatis ukuran kerenggangan shim akan semakin kecil. Kalok sampek di angka 0(gk ada toleransi) itu akan mempengaruhi kepala klep yg ada di dalam karna otomasis waktu noken muter klep in sama eks akan membuka bersama, it yg akan jadi masalah tidak bisa nyala normal. Maaf bukan sok tau. Hehe
BalasHapusMawu tnya bozz...
BalasHapusMtor fu sya ganti rntai keteng dan shim setelah di psang kog motor gk hidupp...
Mau tanya bos kenapa ya motor fu saya sudah di ganti clip noken as ukuran 1, 95 dan di bawah ukuran 1,80 masih saja berbunyi keritik
BalasHapusmau tanya mas.. satria Fu aku pertamanya baik2 aja.. setelah aku ganti packing di bagian sambungan blok.. bunyinya berubah jadi kasar dan klep nya bunyi tek tek semua. gasnya ambed.. penyebabnya apa mas.. mohon penjelasannya
BalasHapusmau tanya mas.. satria Fu aku pertamanya baik2 aja.. setelah aku ganti packing di bagian sambungan blok.. bunyinya berubah jadi kasar dan klep nya bunyi tek tek semua. gasnya ambed.. penyebabnya apa mas.. mohon penjelasannya
BalasHapusBele tanya bos ukuran kip kelep yang setadat ukuran bera
BalasHapusbang saya mau nanya nih knpa Fu saya sudah di bongkar di ganti Tante keteng Reng piston dan klep 4 biji tapi suara nya tetap plok plok gituu apakah ada pengaruh nya dengan botol klep?
BalasHapusApakah botol klep 4 itu bisa bunyik bang
BalasHapusBang rantai keteng Satria f sudah diganti kleb juga udah diganti empat-empatnya ring piston udah diganti juga tapi kenapa nggak masih bunyi apakah ada pengaruhnya karena nggak diganti botol klep nya mohon saran nya
BalasHapusMas Minta minta Pencrahan,a nih stria fu sya berisik d bagian atas sya udh ukur kelrgagangan kelp in sma Ex,a
BalasHapusIn 0,10ex0,20 Tapi ttp aja masih mnglitrik apa lagi kalu d gas panteng,smpe smpe ranti Keteng pun sudh tak ganti tapi masih ngelrtik mohon penjelsan,a mah Terimaksih
Boss kemarin motor saya normal, setelah saya ganti busi tiba" suara tek tek tek kasar banget, kira" apa nya ya?
BalasHapusOm mau tanya ukuran sim klep fu bawaan pabrik berapa yah
BalasHapusBoS aku ke kamu tanya kalo sim beda ukuranya bunyi kasar tek tek gitu gimana caranya memperbaikinya
BalasHapus