Kran bensin Satria Fu bawaan pabrik menggunakan sistem Vakum. Cara kerjanya yaitu, Bahan Bakar akan mengalir bila ada ke vakuman. Keuntungan sistem ini bensin lebih efisien, Karena Bahan bakar mengalir jika sin beroprasi. Kelemahan sistem ini yaitu aliran kadang dirasa kurang optimal dan sangat terbatas ditambah jika sistem vakum telah rusak, maka bensin akan mengucur terus.
Banyak para Satria Fu rider mengganti kran sistem vakum ke model manual. Karena dirasa sistem kran manual aliran bensin lebih lancar dan dengan mudah tinggal putar kran jika tidak diperlukan. Caranya sangat mudah.
Alat-alat yang dibutuhkan: Kunci 10, Tang, Obeng untuk melepas Coverbody.
Siapkan kran manual. Banyak tersedia dipasaran ada merk Kitaco, CLD atau yang lainnya. Harga relatif murah, dibandrol antara 30-50ribu. Pilihlah Kran yang berkualitas seperti yang saya postingkan tersebut. Siapkan juga selang bensin baru jika diperlukan, karena terkadang selang lama kurang panjang untuk diaplikasikan ke kran manual. Step-stepnya :
- Kendorkan baut-baut untuk melepas cover bodi samping kiri untuk mempermudah kerja dan lebih leluasa.
- Kemudian lepaskan kran asli (vakum) dengan cara melepas baut nya dengan kunci 10.
- Lepaskan selang dari kran vakum dengan cara membuka klem pada selang dengan tang.
- Pasang kran manual ke selang, dan pastikan panjangnya tercukupi. Pasang kembali kran manual ke bodi.
- Pasang kembali Cover body dan Satria FU siap di Geber....
kran bensin manual cuma utk 2 selang.. 1 utk tangki & 1 utuk karburator..
BalasHapussdangkan satria fu 3 selang .. kemana memasang selang yg satunya??
Kalo Kran Ori Fu emang 3 selang... Yang ke karbu ada 2. Satu bensin, satunya vakum. Vakum fungsinya supaya nyedot kran sehingga bensin bisa mengalir. So kalo pasang kran manual, fungsi vakum sudah tergantikan dengan handel kran. jadi selang vakum di tutup saja...
BalasHapusSemoga mambantu
kak kalo Fu mesin dingin susah hidup gimana cara memperbaikinya
Hapuskalo motor gak di pake nyalir terus dong gan jadi nya banjir yah..
BalasHapusgak juga gan... asal kan jarum dan apung2 masih berfungsi dengn baik
HapusPunyaku kok banjir terus ya kang, tapi pelampungnya ga knp"
HapusKalo honda beat yg karburator bisa nggak di ubah paje kran manual gan? Tlong info nya. Thx..
BalasHapusBisa banged gan... Tinggal potong sambung pake kran...
BalasHapusKalo gak mau ribet, tinggal bawa ke bangkel..
gan misal pake kran manual gt dibuka stngah aja bsa pngaruh buat jdi aga lbih irit ga ya....
BalasHapusWkwkwk... mesin mati2.. Asupan bensin kurang.
HapusMtr ku suzuki axelo, kran vakum normal, karbu juga spt nya normal krn udah ganti spuyer, tapi kl mesin mati sering rembes ke pembuangan..
BalasHapusMohon pencerahan gan
Aku pakai kran manual tp kok kalau pagi bensin telat ya , kira" apa nya
BalasHapusPunyaku kran nya manual tp klw pagi mesti telat masuk ke karbu , jadi ya agak mati gtu klw di gas . Apanya ya gan ?
BalasHapusKalau gk pke kran membran kira2 ngaruh gk .jadi langsung ke karbu
BalasHapusMau nanya gan klo motor mio sporty karbu gak di pasangin fuel valve karna ada nya perubahan pada intek nya.nah pertanyaan nya apakah punya dampak atau resiko terhadap cara kerja mesin mungki saja menjadi terhambat apa gimana ya?makasih
BalasHapuspenyakit yg sma satria sya ri sarankan pake punya ninja
BalasHapusGan smash titan karbu kalo di ganti kran manual apa menggangu sistem pembakaran?
BalasHapusGan misalny nggak pake keran gimana. Selangny langsung di sambung dari tangki ke karbu
BalasHapus