MEMBACA KONDISI BUSI MOTOR mesin sehat dilihat dari pengapian busi

Tentu banyak para raider Satria FU pengen tahu bagaimana cara setting / jetting karburator sendiri. Terlebih bagi para Rider yang sudah mengganti karbunya dengan karbu-karbu third party (PE26,PE 28, PWK 28 dll), yang membutuhkan setting ulang. Sebelum melakukan setting karburator tentu harus mengetahui kondisi aktualnya, apakah dalam setting tersebut bertujuan untuk penambahan atau pengurangan supply BBM ke ruang bakar. Untuk mengetahui ukuran aktual dari ruang bakar bisa dilakukan dengan cara membaca busi.

Berikut ini saya sampaikan bagaimana cara membaca busi (SparkPlug).
Caranya : geber motor Satria FU sampai kecepatan tinggi 80km keatas. lebih tinggi lebih bagus.Dalam keadaan kecepatan tinggi, dengan seketika tarik kopling dan matikan mesin. Berhenti dan langsung buka Busi dan amati di bagian center elektrodenya.
Jika warnanya hitam ada arang-arangnya atau Coklat kehitaman berarti BBM terlampau kaya (rich), sehingga perlu pengurangan
Jika warna putih keabu-abuan berarti terlampau miskin (lean).sehingga supply BBM ke ruang bakar perlu ditambah
Warna merah bata atau seperti kopi plus krim adalah warna yang diharapkan.
Ohya saat melakukan pembacaan busi, mesin harus dalam keadaan panas (suhu kerja optimal) dan untuk memudahkan pembacaan sebaiknya gunakan busi yang baru.
Demikian tips dalam membaca kondisi busi... Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tablenya..

Jika kurang jelas bisa diklik....
Gambar diambil dari cyclepedia.com

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 15.03.00 Kategori:

3 Komen penuh makna..:

  1. Gan saya punya satria f thn 2005 waktu pulang ke bandung sempet putus rante keteng.....
    Lalu saya masukan ke bengkel dan mesin normal kembali cuman pas saya ganti karburator pake PE28 motor saya jadi susah banget hidup.a kenapa ya....apalagi kalo dingin sampe berjam" klo pngen ngidupin.a

    BalasHapus