OLI JASO MA UNTUK SATRIA FU, jaso ma atau jaso mb untuk satria f150

JASO (Japanese Automotive Standards Organization) adalah konsorsium dari mayoritas perusahaan kendaraan di Jepang. JASO berdiri untuk Organisasi Manufaktur Kendaraan Jepang. JASO meranking oli untuk kompatibilitas dengan produk mereka ( motor dan mobil ), dan semua mayoritas manufaktur kendaraan Jepang ( Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki ) menspesifikasikan sebuah JASO standard untuk kompatibilitas dengan oli sepeda motor 4 Tak mereka dimulai pada tahun 1998. Kebanyakan motor non Jepang ( Aprilia, BMW, Ducati, Triumph, dll ) juga menspesifikasikan standard JASO untuk digunakan pada mesin motor mereka. Jadi JASO beda dengan API, dimana API merupakan institusi spesifik perminyakan.
Saat ini JASO hanya punya 3 standard untuk mesin 4-tak sampai saat ini : JASO MA, JASO MA2 dan JASO MB. JASO MA dan MA2 Biasa digunakan untuk motor 4 tak non matic, Sedangkan JASO MB adalah standar untuk motor matic. Jadi Satria FU kita, gunakan oli dengan standar JASO MA atau MA2. Sedangkan untuk Mio, BeAT, Vario dan motor-motor matic yang lain gunakan JASO MB.

Lalu standar apa yang kita pilih untuk Oli Satria FU dan Motor-motor kita yang lain?? Pilih API atau JASO? Menurut saya pilih Standar API yang sesuai rekomendasi, dan pastikan terdapat JASO nya. 

Contoh kasus :Di buku manual Satria FU, Oli yang digunakan menspesifikasikan  standar API SF atau SG. Maka cari Oli yang mempunyai standar API service SF atau SG, tapi dengan catatan memiliki standar JASO MA atau MA2.  Atau bahkan boleh juga memakai Standar API diatasnya (SH atau SJ) dengan catatan memiliki Standar JASO MA atau MA2 juga. Yang artinya Oli tersebut memang diperuntukkan untuk motor. Seperti yang pernah saya share pengalaman saya dalam Mencari oli "terbaik" untu satria Fu

Jika mesin motor kamu dibuat antara tahun 1980 dan 1998, maka tidak akan meminta spesifikasi JASO MA, tetapi akan memberikan keuntungan jika menggunakan oli dengan spesifikasi oli JASO MA2.

Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 14.08.00 Kategori:

0 Komen penuh makna..:

Posting Komentar