MESIN SATRIA FU MATI SAAT HUJAN Satriaf 150 susah hidup kena air

Motor khususnya satria FU mogok dan macet akibat kena hujan  memang sangat jarang terjadi. Tapi hal itu masih mungkin terjadi. Jika hal itu terjadi pada motor anda tentu bikin bingung juga. Hujan, ditengah jalan, mogok... Waduh.. sial wal apes. Jangan panik dulu. Mungkin bisa ditelusuri satu persatu, mungkin dari karburator yang kemasukan air atau busi yang tidak bisa memercikkan api lantaran ada air.

Kenapa air kok bisa mengenang di busi???
Coba perhatikan di silinder mesin dekat port exhaust (lubang tempat knalpot) dibawahnyanya terdapat lubang kecil (gambar disamping). Lubang tersebut berfungsi sebagai jalan untuk keluarnya air yang masuk ke lubang busi. Kotoran (debu, tanah dll) yang menutup lubang pembuangan tersebut dapat menghambat aliran air. Akibatnya air tergenang di lubang busi dan busi menjadi mati.

Gimana cara membersihkan??
Gunakan Kawat kecil yang kuat ( misal : peniti, paper clip yang diluruskan) untuk membersihkan lubang tersebut, Jika ada gunakan kompresor agar hasil lebih maksimal. Lakukan secara periodik dan lakukan pengecekan setiap bulan, terlebih untuk musim ujan, karena banyak air bercampur tanah menyemprot dari ban depan ke lubang pembuangan.

Semoga bermanfaat, brow tambah ilmu, dukundigital tambah rame dan saya tambah pahala.


Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 18.36.00 Kategori:

6 Komen penuh makna..:

  1. hallo fu holic,,,
    fu q 2009
    pas rpm mulai tinggi kok motor q sperti mau mati ya,padahal udh pake cdi brt?
    pas tarikan 120an mulai brebet kadang mati
    knp ya?

    BalasHapus
  2. kereen mas broo,..
    sip banget deh ^_^

    BalasHapus
  3. Terima Kasih banyak gan tipsnya sangat berguna tuh..

    BalasHapus
  4. di motor ku ko ga keliatan ya?
    pas dimana nya sih ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motornya apa gan??? Kalo Satria, di mesin pas di bawah kanlpot...

      Hapus