MENUTUP SALURAN PAIR SATRIA F150 Mengatasi Knalpot Nembak dengan menutup membran pair

Jika dengan mengganti Pilot jet seperti yang telah saya post, permasalahan knalpot nembak pada motor Suzuki Satria F150 masih saja ada, cara selanjutnya adalah dengan jalan menutup paksa jalur PAIR, yang sering disebut juga tutup vakum. Apasih PAIR itu? PAIR atau lebih lengkapnya Suzuki PAIR (Pulsed-Secondary Air-Injection)  adalah tehnologi yang (milik suzuki) bertujuan untuk menghasilkan gas buang yang lebih ramah terhadap lingkungan. Sistem ini mentransfer udara segar dari kotak udara menuju lubang pembuangan untuk membakar gas pembuangan yang tidak terbakar di ruang bakar. Dengan demikian emisi gas beracun berupa Nitrogen Oksida (NOX) dan Hidrogen Karbon (HC) dapat dikurangi. Aliran udara yang mengalir pada sistem PAIR diatur oleh Vacuum Reed Valve yang terletak di atas kepala silinder. Setelah membaca penjelasan singkat di atas, saya rasa sudah jelas efek apa yang terjadi jika brow menutup lubang PAIR.

Berikut ini adalah pengalaman saya sendiri dengan penuh kenekatan memberanikan diri untuk membuka lubang PAIR dan menutupnya sendiri. Cara yang akan saya jelaskan dibawah ini sebenarnya adalah cara versi simple menutup PAIR, cara versi ribetnya adalah dengan membuka tutup head atas lalu menutup dengan plat, dibaut dan lem besi. Tentu membutuhkan lebih banyak peralatan, bahan dan tentu dana juga.

Jikalau memang problem knalpot nembak sudah benar - benar mengganggu dan ingin rasanya segera dihilangkan, Brow boleh mencoba cara saya ini, akan tetapi perlu diketahui bahwa permasalahan knalpot nembak belum tentu akan hilang dengan cara menutup PAIR ini. Masih ada seabrek penyebab mengapa knalpot nembak. Tapi nggak ada salahnya juga untuk mencoba cara ini.

Langkah-langkahnya :
  1. Sediakan sebuah obeng plus, lem Perkat (Lem Packing, Aica aibon, Fox, Castol atau sejenisnya) dan sebuah kunci ring 10.
  2. Bukalah PAIR Control Valve yang ada disebelah kanan atas mesin dengan cara mengendurkan dua buah mur dengan kunci ring 10.
  3. Setelah terbuka, di bawahnya akan terlihat sebuah kotak karet hitam (PAIR Reed Valve). Angkat dengan hati-hati, kalo susah bisa dibantu dengan obeng minus (-), sampai karet tersebut lepas dari head mesin.
  4. Setelah berhasil dilepas, amati bagian bawah dari kotak karet tersebut. Brow akan menemukan satu lembar plat membran tipis dan satu lembar plat besi penahan membran (lebih tebal dan berbentuk melengkung).
  5. Kendurkan dua buah sekrup kecil penahan kedua membran tersebut dengan obeng plus hingga terlepas.
  6. Jikalau sudah terlepas dari tempatnya, kira - kira akan terlihat seperti ini.
  7. Pasang semuanya kembali ke posisi semula, namun dengan posisi plat besi yang melengkung dibuat terbalik. Lalu kencangkan sekrup, Jikalau terlihat atau diperkirakan masih ada celah pada membran, tambahkan lem perekat.
  8. Sekarang terlihat bahwa posisi plat yang melengkung akan menekan membran tipis sehingga tidak akan lagi bekerja mengalirkan udara.
  9. Tunggu hingga lem kering dan Pasang kembali kotak karet tersebut pada tempatnya.
  10. Pasang kembali PAIR Control Valve, lalu kencangkan mur.
  11. Coba nyalakan mesin, biasanya RPM idle (langsam) akan lebih rendah dari sebelum PAIR ditutup, Atur ulang setingan angin pada karburator.
  12. Dan senapan laras panjang di Knalpot Satria FU insyaallah sudah lenyap... Selamat mencoba...


    Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 14.56.00 Kategori:

    15 Komen penuh makna..:

    1. bisa juga dengan menekuk selang nya broo, biar anginnya gak masuk.

      BalasHapus
    2. adakah efek sampingnya kalau pair valve di tutup.
      Dan kluhanya apa????

      BalasHapus
    3. kalau di ganti tutupnya bisa gk brow???
      Di buatin plat,,,,,

      BalasHapus
    4. Daniez : kurang efektif bila hanya selang ditekuk, tidak menutup kemungkinan angin mampet 100 % ..
      Merky : ada solusi, daripada bikin plat gann ..
      Pake tutup klep kharisma / supra 125 , dijamin nutup 100 % ..
      Dengan catatan selang yg dari intake ke pair ditutup, (sumbat dengan baut jg bisa, atau pakai tabung ais Jupiter supaya angin tidak kemana" )...
      Semoga bermanfaat

      BalasHapus
    5. Caranya gmna gan klo pke tutup klep karisma

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wadauh, coba langsung tanya ke agan diatas... Saya gak berpengalaman gan

        Hapus
      2. Tinggal dibeli aja gann barang nya (tutup klep kharisma/ supra 125 sama saja, kalo bisa sama sil karetnya juga) ...
        Lalu lubang baut yg ada di tutup klep tsb agak di besarkan, pakai bor atau kikir aja, Lalu dipasang, jgn lupa tambahkan lem perekat agar memantapkan penutupan tsb ..

        Maaf beda akun mas , ehehe

        Hapus
      3. Mantep tuh... Bisa di coba... Jadinya nggak 'ngerusak' part aslinya satria FU

        Hapus
      4. Mas yunan mw nanya nie, mengenai saluran pair, saya udah balik saluran pairnya dan suara tembaknya sdh hilang, tapi setelah di pasang kok ada bunyi kreek kreek pada bolok,dan ada bunyi sdkit di pairnya yang udah di balik.mohon batuanx mas.terima kasih

        Hapus
      5. Mas yunan mw nanya nie, mengenai saluran pair, saya udah balik saluran pairnya dan suara tembaknya sdh hilang, tapi setelah di pasang kok ada bunyi kreek kreek pada bolok,dan ada bunyi sdkit di pairnya yang udah di balik.mohon batuanx mas.terima kasih

        Hapus
    6. Gan numpang nanya. Klo keadaan mesin dingin perfom motor standar tp klo mesin udah panas kadang gas telat naik, di rpm sedang diantara 4-5 brebet... Problemnya diapanya ya gan?? Motornya satria fu 2012

      BalasHapus
    7. Kalo saya lebih suka dibuka, soalnya kalo dibuka, knalpot racing bisa merah bro kaya di las.

      BalasHapus