GANTI UKURAN PILOT JET SATRIA FU knalpot tidak nembak, akslerasi meningkat

Bagi para penggeber Satria FU 150 sering sekali mengeluhkan bahwa FU mbrebet di putaran bawah. Bahkan kadang disertai knalpot motor nembak-nembak sendiri begitu lepas gas. ini sering terjadi terutama bagi motor fu yang memang masih baru keluar dari pabrik alias standar full.

Sebenarnya postingan saya ini sudah banyak dibahas, karena memang sudah tidak asing lagi khususnya bagi FU 150 Rider… tapi ga apa-apa lah, itung ituung berbagi info buat yang belum pada tahu…

Satria FU 4-tak Standar dengan volume ruang bakar sebesar 150 cc ini disuplai karbu vakum Mikuni BS 26 dengan pilot-jet 12,5  dan Main jet 110. Dengan setelan air screw ½ putaran. Walah kalo di pikir pikir kecil sekale. Akibatnya  tarikan putaran bawah sering mrebet dan knalpot nembak-nembak saat gas dilepas. Untuk mensiasatinya beberapa Suhu FU menyarankan untuk mengganti Pilot jet Ukuran 15 atau 17,5.  Pilihannya ada buanyak, kok. Kitaco atau Daytona oke, orisinal apalagi. Buat pemakaian di kota yang relatif dingin , cukup pakai nomer 15 atau kepunyaan Yamaha Jupiter Standar. Kalau di tempat yang panas( Jakarta, Semarang, Surabaya dll) ideal pakai jadi 17,5 atau bawaan Suzuki Shogun lama. Setelah penggantian Pilot Jet jangan lupa untuk mengatur ulang setelan udara.

Gimana Sih cara Ganti Pilot Jet Sendiri.
Pertama Bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik dan lepaskan slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.

Ambil lagi obeng plus untuk kendurkan klem karet intake dari bawah. Tarik karbu nggak perlu sampai lepas kabel choke dan gas. Langsung deh buka mangkuk karbu. Angkat pilot-jet lama dan pasang spuyer baru pakai obeng min(-)
Beres itu, bisa langsung pasang kembali.
Selanjutnya setel ulang air screw. Tujuannya biar suplai udara seimbang sama guyuran bensin. Jika Pilot Jet standar (12,5) cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15 naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran.

Lalu bagaimana jika Setelah ganti Pilot Jet ternyata gejala nembak-nembak di Knalpot masih ada?? Coba cek apakah ada kebocoran di saluran intake (manifold). Kalo ternyata knalpot motor Suzuki Satria F150 masih nembak-nembak alternarif lain ya silahkan Tutup Lobang PAIR-nya. Semoga bermanfaat.. 
Keep safety riding..!!!



Juru ketik Honorer : Yunan Hari: 14.56.00 Kategori:

12 Komen penuh makna..:

  1. apalagi kalo diganti pilot jet boeing 747
    bisa ngebut abis tuh
    heheh piss...

    BalasHapus
  2. Slmt siang gan,ane mau tanya,mohon petunjuknya yah,ane pnya fu,kendalanya adlh knp jarum langsam yg d RPM indicator fluctuate ( alias naik turun-turun naik),normalnya steady atau langsam,mohon informasi agan2, trima kasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek soket2nya gan... Kalo nggak masalah, coba test pake CDI lain punya fu yang langsam... semoga bisa membantu

      Hapus
  3. om tanya donk, kenapa FU ane kalo sudah panas, di putaran bawah malah mati2 terus ya, kalo di tarik gasnya kayak ada jeda malah mati mesinnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek vacum karbunya... jangan2 udah ngga bagus.. atau lapisan teflon di skep karbu udah tergores

      Hapus
  4. gan cara mengatasi karbu gak normal gak bisa di gas normal padahal pilot jetnya standar smua,,,,,pokoknya karbunya masih bagus loh,,,,apa mukin dri skep karbu yang biasa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyk penyebabnya gan... salah satunya ya kemungkinan skep... mendingan bawa ke bengkel khusus karbu...

      Hapus
  5. Mas settingan yang jos buat satria spuyer 20 trus knalpot racing, berapa putaran sih mas, tolong dijawab !

    BalasHapus
  6. Halo saya mau tanya. Barusan beli pilot jet ukuran 17.5, kata yg jual sama kyk shogun atau jupiter z. Motor saya satria FU 2015, pas mau dipasang kata teknisinya beda ulir, kata teknisi yg saya beli utk satria fu lama. Apa iya ulirnya beda?

    BalasHapus